OKU Timur Akan Bangun Rumah Adat Komering di Dekranasda

OKU Timur Akan Bangun Rumah Adat Komering di Dekranasdabaturajaradio.com -Pemerintah Kabupaten OKU Timur berencana melakukan pembangunan anjungan atau rumah adat Komering di Komplek Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Palembang tahun 2020 mendatang.

 Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman OKU Timur Aldi Gurlanda Rabu (25/9/2019).

Menurut Aldi, dari 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan hanya Kabupaten OKU Timur dan Pali yang belum ada rumah adat di komplek Dekranasda tersebut. Selain pembangunan anjungan lanjutnya, pihaknya juga akan membangun Penginapan OKU Timur serta satu unit gazebo.

"Untuk lokasi pembangunan kemungkinan akan berdekatan dengan rumah adat. Pembangunan anjungan ini karena di Dekranasda Jakabaring belum ada anjungan OKU Timur," katanya.

Menurut Aldi, pembangunan anjungan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan rumah adat khas OKU Timur kepada masyarakat Sumsel serta mengenai budaya yang ada di Kabuaten OKU Timur.

"Keberadaan rumah adat juga untuk memperkenalkan budaya asli OKU Timur yakni Komering. Isi rumah adat nanti tentang ciri khas adat komering. Seperti pakaian adat, songket, cindera mata khas, serta peralatan adat OKU Timur,” jelasnya.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.