Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Melalui Dinas Perikanan dan Peternakan, Kabupaten OKU Sosialisasikan GEMARIKAN

Melalui Dinas Perikanan dan Peternakan,  Kabupaten OKU Sosialisasikan GEMARIKANbaturajaradio.com - Pemerintah Kabupaten OKU melalui Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). Acara dipusatkan di gedung Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten OKU Kamis  (26/9/2019) . 

Kepala Bidang Pemberdayaan Perikanan OKU Faida Hanim SPi MSi dalam laporannya menyampaikan, Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Gemar  Makan Ikan yang disingkat GEMARIKAN merupakan program nasional dari Kementerian Kalutan dan Perikanan Republik Indonesia sejak Tahun 2006. GEMARIKAN adalah sebuah gerakan  moral yang memotivasi  masyarakat agar mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah tepat agar terbentuk  manusia Indonesia  yang cerdas sehat dan kuat. Sedangkan tujuan  GEMARIKAN dalam rangka mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak  gnerasi penerus  bangsa untuk gemar makan ikan. Mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi  yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan anak serta meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten OKU.

Peserta sosialisasi berjumlah 120 orang terdiri dari pelajar utusan dari 12 Sekolah Dasar (SD). Masing-masing sekolah mengirim 10 peserta sehingga jumlah peserta dari sekolah sebanyak 120 orang. Para pelajar ini akan dijadikan Duta Sahabat Gemarikan untuk mensosialsiasikan masyarakat gemar mengkonsumsi ikan kepada pelajar lainya.  Para siswa juga didampingi oleh satu guru pendamping sebanyak 12 orang. Peserta lainnya adalah  pengurus Forum Peningkatan dan Konsumsi Ikan (Forikan), pelaku usaha produk olahan ikan, dan Tim Pokja III PKK dan Sekretaris TP PKK.

Selain sosialisasi GEMARIKAN, Dinas Perikanan dan Peternakan OKU juga memberikan Paket Makanan Tambahan Anak untuk 120 siswa dan Alat Peraga “Duta Sahabat Anak”  untuk 30 duta anak. Adapun nara sumber terdiri dari Ketua Forikan OKU diwakili Yulia Mutiara SE (Gemar Makan Ikan), Ir Hj Tri Aprianingsih (Manfaat Ikan), Kasi Kesiswaan Diknas, Usman SE (Peningkatan Konsumsi Ikan Anak) dan Kabid Pemberdayaan Perikanan Farida Hanim SPi MSi (pengenalan jenis ikan).

Sedangkan Kadin Perikanan dan Peternakan OKU Ir Hj Tri Aprianingsih saat membuka acara mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan Dinas Perikanan dan Peternakan OKU dan Forum Peningkatan Konsumsei Ikan (FORIKAN). Diharapkan sebagai bagian penting untuk makanan bergizi dan berkualitas yang dalam hal ini mengembangkan budaya konsumsi dalam hal ini adalah protein hewani yang bersumber dari ikan.

Dikatakan Tri Aprianingsih, keberadaan Forikan yang dibentuk oleh pemerintah ditujukan guna mendorong tumbuh-kembangnya usaha perikanan yang dijalankan oleh masyarakat. Baik ikan tangkapan maupun ikan budi daya. Dan di pihak lain, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan Forikan diarahkan pada upaya membangun pola makan yang sehat dan bergizi dengan cara menciptakan variasi menuju jenis makanan olahan yang memanfaatkan daging ikan. (eni)

Sumber>>(https://palembang.tribunnews.com/2019/09/26/melalui-dinas-perikanan-dan-peternakan-kabupaten-oku-sosialisasikan-gemarikan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.