6 (Objek) Tempat Wisata di Kabupaten OKU Sumsel, Ada Goa Puteri Baturaja Hingga Air Terjun Kambas

6 (Objek) Tempat Wisata di Kabupaten OKU Sumsel, Ada Goa Puteri Baturaja Hingga Air Terjun Kambasbaturajaradio.com -Tempat objek wisata di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang patut kalian kunjungi.

Kabupaten yang beribukota di Baturaja ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah menariknya dengan daerah lain di Indonesia.

Berikut 5 Tempat Wisata Alam di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)

1. Goa Puteri
Objek wisata Goa Puteri semakin hari semakin menantang untuk dikunjugi, goa yang menyimpan kekayaan tinggalan budaya dan legenda ini bukan hanya menawarkan wisata alam yang menakjubkan.

Tapi juga wisata budaya, wisata sejarah, pusat studi .

Goa Puteri ini berada di Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji (sekitar 35 KM dari Kota Baturaja) dapat ditempuh sekitar 30-40 menit dengan kedaraan roda dua atau roda empat melalui Jalinsum.

Kendaraan pengunjung bisa diparkir diobyek wisata (depan mulut goa).

Goa Puteri mudah dijangkau, dari tepi jalan raya pengunjung cukup berjalan kaki sejauh sekitar 800 M.

Sarana pendukung sekitar dan dalam goa yang sudah dibangun ada diantaranya, tempat istirahat (shelter), penerangan listrik dalam goa, kolam kecil alami tempat cuci muka atau mandi, musollah, MCK, dan warung makanan.Goa Puteri Baturaja (Sripo/ Leni Juwita)

2. Goa Harimau
Goa Harimau lebih kurang 500 M dari goa Puteri di Desa Padangbindu,

Obyek ini sangat menarik bagi wisata minat khusus (peneliti--red) dan wisatawan umum .

Goa Harimau atau Situs Padangbindu tempat ditemukan 78 kerangka populasi Austronesia awal (cikal bakal manusia sekarang).

Di Situs Padangbindu yang menjadi pusat penelitian arkeolog ini kini sudah dilengkapi fasilitas tangga permanen yang anak tangganya sebanyak 104, saat ini sudah dilengaapi anjungan sehingga memudahkan pengunjung melihat Situs Padangbindu.Tim penelitian arkeologi Goa Harimau sedang melakukan penggantian rangka cetakan tiruan Homo sapiens di Situs Goa Harimau, Desa Padang Bindu, Semidang Aji, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Senin (26/5). Pemasangan kerangka tiruan dilakukan sama seperti kondisi aslinya, sedangkan kerangka asli sebagian telah diangkat dan dipindahkan ke Museum Si Pahit Lidah di Desa Padang Bindu. (Aloysius Budi Kurniawan)

3. Goa Silabe 
Goa Silabe, potensi alam yang luar biasa mempesona lokasinya masih satu kawasan dengan goa Putri .

Panjang goa mencapai 200 M, lebar 5 meter dan tinggi lebih kurang 5 meter.

Tampak didalamnya keindahan batu stalagtit dan stalagnit yang membuat mata terpana.

Ada yang tampak seperti batu mayat, dinding atas goa tampak seperti butiran-butiran berlian berkilau. Menjelajahi goa silabe di Desa Padanagbindu Kecamatan Semidangaji menjadi pengalaman yang luar biasa.

4. Museum Purbakala
Museum yang berada di halaman goa Puteri ini kini terus dikembangkan menjadi museum modern.

Di sini dipamerkan replika kerangka manusi pra sejarah berusia 3.500 tahun yang lalu.

Benda-benda tinggal sejarah dan alat-alat paleolitik dan kekayaan budaya manusia pra sejarah.

Museum modern yang dinamis yang akan dilengkapi dengan IT dan efek-efek gambar sehingga pengunjung seperti diajak kembali ke masa lalu.

5. Air Terjun Kambas
OBYEK wisata Air terjun Kambas tiga level di Desa Ulaklebar Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu bisa menjadi pilihan menyenangkan untuk berakhir pekan.

Lokasinya mudah dijangkau hanya berjarak 1 KM dari Desa Ulaklebar (tidak jauh dari Jalinsum) dan bisa ditempuh jalan kaki selama 30 menit dari Desa Ulaklebar.

Lebih kurang 66 KM dari Kota Baturaja.

Air Terjun Kambas menawarkan panorama indah dengan tiga level masing-masing level mempunyai ketinggian berbeda.

Level satu air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter, level dua dengan ketinggian sekitar 12 M dan level ketiga dengan ketinggian 8 M.

Perjalanan menuju lokasi yang melalui perbukitan masih alami, melalui hutan perkebunan rakyat dan melawati alur Sungai Kambas.

Meskipun dekat dari jalan raya, untuk menuju lokasi hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan sangat cocok bagi anda yang gemar tantangan dan bersahabat dengan alam.

Lokasi obyek wisata termasuk dalam kawasan hutan lindung dikelilingi perbukitan terdapat bebatuan besar.

Keadaan lokasi yang memiliki bebatuan besar dan berkontur tidak rata menyebabkan tidak memungkinkan untuk membawa kendaran langsung ke lokasi.Air Terjun Kambas (Sripo/ Leni Juwita)

6. Air Panas Gemuhak
Terletak di Desa di Desa Gunung Tiga Kecamatan Ulu Ogan, dengan jarak tempuh sekitar 6 KM dari Desa Gunungtiga bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Dapat tempuh melalui 2 jalur alternatif bisa ditempuh dengan berjalan kaki yaitu melalui perbukitan yang masih alami dan melalui Sungai Ogan.

Lokasi air Panas Gemuhak berada pada ketinggian 398 m diatas permukaan laut .

Obyek wisata Air Terjun Gemuhak terdiri dari beebrapa sumber/pusat air panas yang tersebar dilokasi wisata.

Pusat air panas terbesar mampu menyempurkan air panas (gleser) lebih kurang 3 M.

Air panas gemuhak memiliki panas lebih kurang 70 derajat celesius -100 derajat celesius dan mengandung mineral yang bisa langsung diminum.

Lokasi sumber air panas gemuhak terletak di jalur sungai dengan keadan sungai yang memiliki bebatuan. (https://sumsel.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.