Maknyusss, Ini Dia Resep Ayam Teriyaki Pedas

baturajaradio.com - Mungkin Bunda pernah bertanya-tanya dalam hati, apa sih sebenarnya teriyaki yang banyak ditemui di menu masakan Jepang itu? Berasal dari kata Teri yang berarti bersinar dan Yaki yang bermakna panggang atau panas, teriyaki merupakan salah satu seni memasak orang Jepang di mana bahan utama masakan dipanggang atau dipanaskan dengan menggunakan saus teriyaki.
Di Jepang, teriyaki terbuat dari mirin, kecap, madu atau gula. Mirin adalah sake atau minuman beralkohol khas Jepang yang memiliki rasa manis. Nah, bagi yang beragama Islam, perlu berhati-hati kalau membeli teriyaki di luar.
Pada saat ini, Bunda sudah bisa dengan mudah membeli saus teriyaki (ada yang menyebutnya kecap teriyaki) dalam kemasan. Tapi tetap perlu memperhatikan label halal dari MUI pada kemasannya, ya Bun.
Namun jika Bunda kesulitan menemukan kecap teriyaki yang siap pakai, atau sedang bermukim di negara yang sulit mendapatkan makanan halal saat ini, Bunda bisa dengan mudah menemukan resep untuk membuat sendiri saus teriyaki yang halal tanpa menggunakan sake di internet.
Berikut Gulalives suguhkan resep teriyaki menggunakan saus teriyaki kemasan atau siap pakai.
Bahan:
1/2 ekor ayam, buang tulangnya lalu potong dadu
2 buah kentang potong dadu
2 sendok makan margarin
1 butir telur
3/4 gram tepung terigu
Minyak goreng
Penyedap rasa

Bumbu:
2 siung bawang merah iris tipis
2 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay iris memanjang
Kecap Manis Bango
Saus teriyaki

Cara membuat:
1.    Rebus ayam sampai setengah matang. Angkat, lalu tiriskan.
2.    Kocok telur. Masukan semua ayam yang telah direbus ke dalam kocokan telur. Lalu guling-gulingkan pada tepung terigu.
3.    Panaskan minyak lalu goreng ayam dan kentang hingga matang dan berwana kekuningan.
4.    Bersihkan wajan lalu panaskan margarin.
5.    Tumis bawang putih, bawang bombay, bawang merah, kecap teriyaki, dan kecap manis sampai tercium aroma harum.
6.    Tambahkan penyedap rasa

Bunda bisa menggantinya dengan garam secukupnya dan sedikit gula pasir, kentang, dan ayam yang  telah digoreng tadi. Aduk sampai bumbu rata dan meresap. Wuuiihhh, harumnya. Selamat santap siang bersama keluarga ya, Bunda… (TTH/VD)
(https://www.gulalives.co/maknyusss-ini-dia-resep-ayam-teriyaki-pedas/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.