Banner

Banner
Pemkab OKU

Jarang Diketahui, Ketahui Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan

Image result for gambar sawi putihBaturaja Radio - Mendengar sawi putih tentu Mama sudah tak asing lagi ya, Ma. Apalagi kalau sering mengolah sawi putih menjadi berbagai hidangan makanan untuk keluarga di rumah. 
Perlu diketahui kalau sawi putih memiliki sumber nutrisi yang cukup banyak seperti vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin yang terkandung pada sawi putih dapat mencegah naiknya kadar kolesterol jahat ke dalam darah, sehingga menurunkan gangguan terhadap kesehatan jantung.  
Selain itu, kandungan kalium yang cukup tinggi pada sawi putih dapat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Hal ini membantu kondisi darah terus normal, sehingga risiko serangan jantung juga bisa berkurang. 
Jika dikonsumsi secara rutin, sawi putih bisa memberikan berbagai manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh. Untuk Mama yang ingin lebih mengetahui apa saja manfaat sawi bagi kesehatan, 
Semoga informasi kali ini bisa memberikan pengetahuan baru mengenai manfaat dari sawi putih ya, Ma!

1. Menjaga kesehatan mata


Mata termasuk salah satu panca indera yang penting, sehingga kesehatannya harus dijaga. Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin A dan alfa-karoten di dalam sawi putih dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. 
Jika rutin dikonsumsi sawi putih dapat membantu tubuh menangkal berbagai penyakit yang menyerang mata. Selain sawi putih, alfa-karoten dapat ditemukan di beberapa sayur dan buah seperti wortel, labu, ubi hingga alpukat. 
Sawi putih memiliki sumber vitamin K, sehingga sangat penting untuk metabolisme dan kesehatan tulang. Selain meningkatkan fungsi tulang menjadi semakin baik, sawi putih juga dapat mecegah terjadinya osteoporosis. 
Di dalam sawi putih, nutrisi yang terkadung tidak hanya vitamin K saja. Melainkan ada kandungan vitamin D, kalsium dan kalium yang bermanfaat dalam menjaga kepadatan serta mencegah terjadinya penyakit tulang. 
Vitamin K yang terkandung di dalam sawi putih juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer dan mengurangi risiko terjadinya kerusakan sel neuron di dalam otak. Mulai sekarang harus rajin-rajin mengonsumsi sawi putih nih, Ma. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyaknya rutinitas keseharian membuat kesehatan atau stamina tubuh mudah turun. Jika dibiarkan begitu saja dan tidak diberikan asupan bergizi dapat memicu tubuh mudah sakit.  
Untuk tetap menjaga kesehatan, ada baiknya rutin mengonsumsi sayuran seperti sawi putih. Kandungan zat anti oksidan dan anti inflamasi di dalam sawi putih dapat melindungi tubuh dari segala radikal bebas. 
Selain itu, sawi putih dapat membantu tubuh dalam mencegah dampak dari karsinogen sebagai pemicu kanker. Jika Mama sedang berniat untuk diet, sawi putih bisa dikonsumsi karena rendah kalori dan mengandung beragam nutrisi. Sayuran ini tinggi akan kadar air dan serat, sehingga dapat membuat siapa saja yang memakannya mudah terasa kenyang lebih lama. 
Keunggulan gizi yang dimiliki oleh sawi putih dapat membantu Mama dalam menjalani program penurunan berat badan. 

4. Menjaga kesehatan kulit

Untuk setiap perempuan, kesehatan kulit tentu perlu dijaga agar terhindar dari segala kerutan. Apapun yang dikonsumsi pun perlu diperhatikan karena bisa berdampak untuk kesehatan kulit. 
Jika menginginkan kulit yang sehat dan memiliki nutrisi tercukupi, sebaiknya rutin mengonsumsi sawi putih. Kandungan vitamin C dan vitamin E pada sawi putih sangat membantu dalam menjaga kecantikan serta kesehatan kulit. 
Perlu diketahui bahwa kandungan antioksidan polifenol pada sawi putih juga cukup ampuh dalam memerangi segala kerutan dan tanda-tanda penuaan dini. Jika dikonsumsi secara rutin, kulit akan selalu dalam keadaan sehat serta awet muda. 

5. Mencegah risiko terkena penyakit gondok

Jika diperhatikan dan dikonsumsi secara rutin, sawi putih memang akan memberikan beragam manfaat. Jarang diketahui juga kalau sawi putih dapat mencegah risiko terkena penyakit gondok. 
Kandungan goitrogen yang berada di dalam sawi putih dapat bermanfaat untuk mencegah serta meningkatkan kinerja kelenjar tiroid sebagai pemicu penyakit gondok. 
Wah, benar-benar banyak sekali manfaat dari sawi putih ya. Perlu diketahui juga kalau sawi putih dapat menurunkan tingkat stres, sehingga semakin nyenyak saat tidur. Kandungan senyawa alami pada sawi putih bersifat sebagai obat penenang dan menjadi anti stres. Cocok sekali dikonsumsi saat sedang memiliki gangguan tidur nih, Ma. 
Dari berbagai manfaat sawi putih di atas. Semoga setelah mengonsumsinya secara rutin, Mama sekeluarga juga bisa mendapatkan manfaat serupa ya! (www.popmama.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.