Tips Mudah Membuat Nasi Kuning dan Lauk Pelengkapnya Agar Gurih dan Penampilannya Menarik

Tips Mudah Membuat Nasi Kuning dan Lauk Pelengkapnya Agar Gurih dan Penampilannya Menarikbaturajaradio.com - Sebentar lagi ada yang berulang tahun. Menurut rencana, akan ada syukuran.

Namun, ibu masih bingung mau masak apa. Yuk kita buat nasi kuning sendiri. Rasanya gurih dan lezat, dengan tampilan menarik.




1. Nasi Kuning

Bahan: 1 kg beras, 1 ½ liter santan yang sedang kentalnya, 25 gram garam, 2 ruas kunyit, 2 batang sereh, 3 lembar daun pandan, 3 lembar daun salam.

Cara membuat: Kunyit diparut, tambahkan sedikit air, lalu peras, ambil sarinya. Beras dicuci bersih, tiriskan, campurkan santan, garam, dan sari kunyit.

Jerangkan sampai santan terserap, angkat. Sereh dimemarkan, masukkan ke nasi aronan dan daun salam. Jerangkan langseng yang sudah diisi air, daun pandan ditaruh di airnya. Jika sudah mendidih, masukkan nasi kuning aronan. Kukus sampai matang, kira-kira ¾ jam.

2. Ayam Goreng Suwir

Bahan: 2 dada ayam negeri, 2 sdt garam, 1 sdm gula pasir, sedikit penyedap, 4 siung bawang putih, 1 sdm air asam, minyak goreng.

Cara membuat: Dada ayam diberi 1 cangkir air, campurkan garam dan gula, masak sampai airnya habis dan ayamnya empuk.

Dinginkan lalu sebit-sebit. Bawang putih digerus, tambahkan air asam dan sedikit penyedap, aduk rata. Ayam sebitan dicampur dengan bumbu tersebut. Diamkan kira-kira ½ jam, lalu goreng sebentar. Jangan sampai kering.

3. Sambal Goreng Tempe

Bahan: 1 papan tempe, kira-kira 700 gram, 4-5 cabe merah, iris halus, 4 bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 papan pete, kupas, iris tipis-tipis, 1 iris lengkuas, memarkan, 3 lembar daun salam, garam, gula jawa agak banyak, 1 potong terasi, 1 sdm air asam, minyak goreng.

Cara membuat: Tempe diiris persegi kecil, goreng sebentar lalu angkat. Sisa minyak dipakai untuk menggoreng pete sampai layu, angkat.

Kurangi minyaknya, lalu pakai untuk menggoreng dua macam bawang yang sudah diiris-iris dan cabe merah. Aduk-aduk sebentar lalu masukkan rempah-rempah, pete, dan tempe gorengnya. Beri ½ cangkir air, masukkan bumbu yang sudah dipersiapkan. Aduk-aduk sampai airnya terserap, angkat.

4. Serundeng

Keperluan: 2 ons kacang goreng, kelapa parut dari 1 kelapa , dicampur dengan bumbu-bumbu yang sudah digerus, yang terdiri dari 4 bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 butir kencur, 1 sdm bubuk ketumbar.
Cara membuat: Panaskan 3 sdm minyak di wajan, masukkan kelapa parut yang sudah dicampur bumbu-bumbu, sangrai sampai kuning, taburkan 1 sdt garam dan 4 sdm atau lebih gula halus, ratakan lalu rasakan. Rasa asin manisnya harus cukup terasa, aduk-aduk sampai kelapanya kering, masukkan kacang goreng.

Catatan: Nasi kuning dihidangkan dengan lauk-pauk di atas, ditambah telur dadar, abon atau teri goreng, sambal, emping atau kerupuk udang, dan lalapan berupa potongan mentimun dan daun kemangi. (Nyonya Rumah) 

(http://www.tribunnews.com/travel/2015/10/19/tips)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.