Banner

Banner
Kapolres OKU

Cara Membuat Klepon yang Mudah dan Lezat, Isi Gula Merah

Resep Takjil: Klepon Ketan Meletusbaturajaradio.com - Berbicara tentang jajanan pasar tradisional khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Kudapan khas yang kerap kali dijual di pasar akan selalu punya banyak peminat. Bahkan, di era media sosial dan teknologi, jajanan pasar justru makin lestari keberadaanya.

Dari berbagai macam jajanan pasar tradisional khas Indonesia seperti; bikang, onde-onde, lumpia, tahu isi, pisang goreng, apem, cenil, risoles, cucur, dadar gulung, dan masih banyak lainnya, ada jajanan pasar tradisional nggak kalah populer dengan jajanan-jajanan yang sudah disebutkan tadi, ialah klepon.

Klepon, salah satu dari sekian ribu macam jajanan pasar tradisional yang ada di Indonesia yang siap memanjakan lidah Anda dengan rasanya yang manis legit. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau atau putih, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Terakhir kemudian dibaluri dengan parutan kelapa. Klepon tidak hanya ditemui di Indonesia saja, bahkan Malaysia, Brunai, dan Singapura juga ada.

Penamaan klepon sendiri hanya di daerah Jawa. Di daerah Sumatra dan Malaysia, klepon lebih dikenal dengan sebutan Onde-onde.

Padahal jika di Jawa, onde-onde merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen dan kemudian digoreng. Karena perbedaan penamaan itulah terkadang sering terjadi kesalahpahaman dan kerancuan ketika menyebut dan mengartikan onde-onde.

Kita memang lebih terbiasa melihat klepon yang berwarna hijau, namun kini seiring dengan perkembangan jaman dan agar klepon tidak tergerus, maka sudah banyak penjual yang menjual klepon dengan warna lainnya atau dibuat warna-warni bisa juga disebut klepon pelangi. Bahkan isinya kini tidak lagi hanya gula merah, ada yang diisi dengan coklat, strawberry, nanas, dan masih banyak lagi.

Harga klepon memang murah, maka tak jarang jika banyak orang yang memilih membeli daripada membuatnya. Tapi tidak ada salahnya mencoba membuat klepon sendiri di rumah. Berikut cara membuat klepon. 

Cara membuat klepon

Bahan:

  • Tepung beras ketan 250 g
  • Tepung beras 50 g
  • Air mineral 1350 ml
  • Daun pandan secukupnya
  • Garam 1 sdt
  • Kelapa buah, parut kemudian kukus
  • Gula merah secukupnya, sisir halus
  • Gula pasir 3 sdm

Cara membuat klepon:


Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.
Daun pandan yang sudah dibersihkan kemudian blender dengan 200 ml untuk dijadikan pewarna alami. Sisihkan.
Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Aduk hingga tercampur sempurna.Tuang sedikit demi sedikit air pewarna, tuang sambil terus diaduk.Kemudian tuang sedikit demi sedikit air mineral 150 ml, tuang sambil terus diaduk. Jika adonan dirasa sudah cukup kental maka tidak perlu ditambahi air. Aduk hingga adonan hingga mencapai kekentalan yang pas untuk kemudian dibentuk dan diisi dengan gula merah.
  1. Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.
  2. Bentuk adonan menjadi bola-bola.
  3. Ulangi poin 6 dan 7 hingga adonan habis.
  4. Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.
  5. Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.
  6. Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.
  7. Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.
  8. Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.

(https://www.liputan6.com/citizen6/read/3614128/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.