Banner

Banner
Pemkab OKU

Bawaslu Soroti TPS Jauh

Bawaslu Soroti TPS Jauhbaturajaradio.com -Keberadaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang lokasinya jauh, menjadi perhatian khusus badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), dalam pelaksanaan Pemilu April 2019 nanti.
 
Saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tahap pertama, kemarin, Bawaslu meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk segera mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. 

TPS jauh ini jadi perhatian karena menyangkut logistik. Karena kita tahu, bahwa kotak suara dan bilik itu kan terbuat dari karton. Lagian pula sekarang musim hujan, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Rusak, misalnya,” ujar Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak KPU untuk sesegera mungkin mengetahui TPS-TPS jauh dimaksud. Sehingga, kedua belah pihak bisa menambah anggaran untuk TPS-TPS jauh tersebut. Termasuk kendaraan jenis apa yang digunakan untuk mengangkutnya. Dan lain sebagainya.

"Kalau kita sudah mengetahui berapa banyak TPS jauh, maka kita bisa mengantisipasinya sedini mungkin. Kendaraan apa yang cocok untuk menggapai lokasi TPS yang dituju itu," sebutnya.

Dari catatan Bawaslu yang disampaikan Panwaslu Kecamatan, bahwa sedikitnya terdapat 17 TPS yang jauh. Seperti di daerah Lengkiti, Sosoh Buay Rayap Muarajaya, Kedaton Peninjauan Raya (KPR), Lubuk Batang, termasuk Peninjauan.

"Artinya kdepan kami (Bawaslu dan KPU,red) harus berkoordinasi untuk memastikan bahwa jumlah TPS jauh itu memang ada dan sesuai. Sehingga memudahkan kita untuk mengantipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi," tandas Dewantara.

Sementara itu, ketua KPU OKU, Naning Wijaya menyatakan bahwa pihaknya sudah menginventarisir TPS jauh. "Yang sudah kami inventarisir ada 23 TPS. Dimana masing-masing membutuhkan biaya bervariasi, antara Rp2 juta �" Rp3 juta. Jauhnya juga ada perbedaan," ungkap Naning.

23 TPS jauh tersebut, beber Naning, tersebar di empat kecamatan. Yakni Lengkiti, Sosoh Buay Rayap. Ulu Ogan, Peninjauan. Termasuk ada juga di Kedaton Peninjauan Raya. "Ya kita akan adakan rakor, dan akan sepakat dengan bawaslu TPS jauh ini," demikian Naning. (http://www.rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.