Banner

Banner
Pemkab OKU

Warga Bermukim di Pinggiran Sungai Komering Diminta Waspada, Ancaman Berbagai Jenis Penyakit Kulit

Warga Bermukim di Pinggiran Sungai Komering Diminta Waspada, Ancaman Berbagai Jenis Penyakit Kulitbaturajaradio.com -Masyarakat yang bermukim diwilayah rawan banjir diminta untuk mewaspadai penyakit dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Timur Zainal Abidin Senin (28/1/2019).
Menurut Zainal, beberapa wilayah yang perlu diwaspadai terutama yang ada di pinggiran Sungai Komering.

Saat musim penghujan kata dia, potensi penyakit kulit sangat besar karena air dari banjir dipastikan mengandung bakteri dan kuman.

"Daerah banjir itu airnya perlu diwaspadai juga karena kotor. Dari air yang kotor itu bisa terjadi keluhan penyakit kulit seperti gatal-gatal, kudis, kurap, cikungunya dan penyakit kulit lainnya," katanya.

Untuk itu dirinya menghimbau masyarakat untuk memperkuat daya tahan tubuh dengan cara tetap menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) dengan mengonsumsi makanan yang bergizi ditambah sayur-sayuran dan buah buahan

"Makanan tetap harus dijaga. Harus lebih banyak makan sayur dan buah. Kemudian minum air putih yang banyak. Selain itu, juga selalu berperilaku hidup bersih sehat seperti kalau mau mengolah makanan atau mau makan mau minum cuci tangan pakai sabun," ujarnya.

Warga juga kata dia, perlu waspada dengan kondisi lingkungan seiring datangnya musim hujan saat ini. Genangan air dari hujan menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk berkembamg biak.

"Karena genangan air bisa membuat nyamuk memiliki tempat untuk berkembang biak. Jadi hati-hati karena bisa berpotensi menyebarnya penyakit DBD," jelasnya.
(http://palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.