Banner

Banner
Pemkab OKU

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Pengobatan dan Menu Masakan

Baturaja Radio.Com  - Kita ketahui bersama bahwa sayuran adalah makanan wajib yang harus disantap jika ingin hidup sehat. Terang saja, pasalnya manfaat sayur-sayuran termasuk makanan yang berada dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna. Diantara beragam macam sayuran yang dikenal, ada salah satu sayuran yang harganya murah di pasaran, namun tetap memiliki banyak manfaat yang tak kalah banyaknya dengan sayuran lain. Bagian buahnya yaitu manfaat pisang, sudah menjadi buah wajib untuk dikonsumsi. Itulah jantung pisang yang kerap kali disajikan oleh sebagian besar ibu rumah tangga dalam menu makanan sehat.
Kandungan Gizi dalam Jantung Pisang
Berdasarkan penelitian, setiap 25 gram jantung pisang mengandung :
  • 31 kkal kalori
  • 1,2 gram senyawa protein
  • 0,3 gram lemak
  • 7,1 gram zat karbohidrat
Jantung pisang juga mengandung manfaat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). Kandungan yang penuh gizi tersebut, siapapun pasti akan tergiur untuk mengolah jantung pisang menjadi masakan dan makanan yang lezat.  Adapun manfaat jantung pisang antara lain:
1. Mencegah stroke – Caranya yaitu dengan menggunakan satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.
2. Mencegah Kolesterol – Mampu mengikat lemak jahat dan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan
3. Menyehatkan Perut – Melancarkan pencernaan karena jantung pisang mengandung fiber yang tinggi.
4. Makanan penderita diabetes – Baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus saja ini, sangat efektif untuk turunkan kandungan gula darah.
5. Kaya serat – Mengandung serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1.
6. Baik untuk diet – karena jantung pisang memberikan efek kenyang lebih lama, daripada manfaat nasi putih karena memiliki serat yang tinggi dan rendah
7. Melancarkan siklus darah – karena jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.
8. Mencegah kanker – Mengurangi efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.
9. Anti penuaan – Mampu melakukan perbaikan beberapa sel, karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal
10. Mencegah penyakit gondok – karena jantung pisang mengandung yodium
11. Menyembuhkan infeksi – karena jantung pisang memiliki kandungan etanol dan dapat menghalangi perkembangan bakteri
12. Meningkatkan produksi sel darah merah – Kandungan di dalam jantung pisang yang mengandung zat besi, sehingga akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.
13. Mengontrol darah saat menstruasi – Hal ini terjadi karena jantung pisang yang di rebus mempunyai kekuatan untuk mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid.
14. Memperbaiki mood – karena jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang dipercaya dapat mengurangi rasa kekhawatiran serta memperbaiki suasana hati.
15. Meningkatkan produktivitas ASI – Bukan hanya manfaat daun katuk yang mampu meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu, tetapi jantung pisang dapat menjadi alternatif makanan untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui.

Manfaat Jantung Pisang untuk Pengobatan

16. Mengobati Malaria
Penyakit yang tergolong berbahaya ini berasal dari nyamuk, sehingga diperlukan pengobatan yang langsung mengobati virus yang dibawanya seperti manfaat daun sirsak . Cara pembuatan obat malaria dengan jantung pisang :
  • Ambil 1 buah jantung pisang ambon dan asam jawa terlebih dahulu
  • Kemudian, kupas kulit luar buah jantung pisang ambon
  • Timbun dalam bara api selama 30 menit
  • Parut atau tumbuk sampai lumat
  • Peras airnya dan saring
  • Masukkan air perasan dalam gelas, tambahkan sedikit asam
Setelah itu, minumlah air ramuan itu pagi hari sebelum sarapan. Lakukan sebanyak 1 kali dalam sehari untuk mengobati penyakit malaria.
17. Mengobati Diare
Diare adalah gangguan apencernaan yang paling sering terjadi, namun kita tidak selalu harus mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasinya. Manfaat jantung pisang ini dapat digunakan untuk mengobatinya, caranya :
  • Pertama-tama, bakar jantung pisang dalam bara api sampai dalamnya masak
  • setelah itu ambil yang tidak hangus
  • beri bumbu urap memakai kelapa muda
  • Kemudian, santap urap jantung pisang secukupnya
  • Lakukan hal ini hingga diare sembuh

Menu Masakan dengan Memanfaatkan Jantung Pisang

Banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh jantung pisang, tentunya kita semua akan semakin bersemangat untuk meramu jantung pisang ini. Memasak jantung pisang sendiri terbilang sederhana dengan berbagai variasi pilihan. Biasanya jantung pisang diolah menjadi sayur lodeh, gulai jantung pisang, pepes jantung pisang, tumis jantung pisang, urap, dendeng dan masih banyak lagi.
Selain itu, jantung pisang juga nikmat jika dijadikan lalapan dan disantap dengan sambal terasi. Hm, pasti rasanya sangat lezat dan membuat kita ingin tambah terus. Berikut resep jantung pisang yang dapat menjadi pilihan menu spesial yang mampu menggugah selara :

  • Bahan-bahan : 1 liter air, 2 lembar daun salam, 2 sendok makan kaldu sapi bubuk, 500 gr jantung pisang, 1 cm lengkuas yang sudah dimemarkan dan 500 ml minyak goreng.
  • Bumbu halus : 2 sendok teh ketumbar , garam secukupnya, gula merah sisir secukupnya, 6 siung bawang putih dan 4 butir bawang merah.
Cara membuat Abon Jantung Pisang:
  1. Didihkan air dan kaldu sapi bubuk, kemudian masukkan jantung pisang, di rebus hingga lunak, angkat dan tiriskan.
  2. Jantung pisang dipotong dan ditumbuk sampai agak halus.
  3. Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum.
  4. Masukkan jantung pisang, aduk rata, masak hingga bumbu meresap dan kering, kemudian angkat.
  5. Panaskan minyak, kemudian goreng jantung pisang dalam minyak tersebut sehingga kelihatan kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  6. Kemudian dipres atau diperas abon hingga minyaknya tiris, dan siap di sajikan.
Konon katanya, masyarakat zaman dahulu jarang terkena penyakit berbahaya karena mereka biasa mengkonsumsi jantung pisang. Tentu saja hal ini sangat kontras jika disandingkan dengan masyarakat zaman sekarang yang lebih memilih untuk memakan makanan instan yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, pilihlah jantung pisang sebagai sayuran yang wajib hadir dalam menu makanan kita. Memilih jantung pisang sebisa mungkin harus cermat agar baik dan enak jika dikonsumsi. Jantung pisang dari jenis pisang gepok, pisang batu, pisang siam yang bisa menjadi pilihan terbaik.(manfaat.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.