Banner

Banner
Pemkab OKU

Budidaya Berhasil, Pemkab OKU Bagi-Bagi 500 Bibit Durian Unggul. Ini Kelebihan Durian Lokal Ini

Budidaya Berhasil, Pemkab OKU Bagi-Bagi 500 Bibit Durian Unggul. Ini Kelebihan Durian Lokal Inibaturajaradio.com -Pemkab OKU melalui Dinas Pertanian melakukan launching bibit durian unggul lokal Semenguk Sakti dipusatkan di Taman Teknologi Pertanian Raksajiwa Kecamatan Semidangaji Senin (7/1/2019).

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis didampingi Kepala Dinas Pertanian Pemkab OKU Joni Saihu SP MSi membagikan bibit durian unggul lokal Semenguk Sakti kepada masyarakat melalui camat masing-masing.
Tahap awal ini sebanyak 500 bibit durian lokal Semenguk Sakti sudah dibagikan.

Hadir Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo SSos, Kajari OKU Bayu Pramesti SH, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian DR Ir Haris Syahbuddin DEA.

Ketua Tim Penggerak PKK OKU Hj Badiar Dewi Kuryana Azis, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Susmadiana Achmad Tarmizi, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXVIII Dim 0403 OKU Ny Ika Agung Widodo serta Ketua DWP Unit Pertanian Ny Eci Joni Saihu.

Di kesempatan itu Bupati didampingi Kadin Pertanian menjelaskan, kelebihan dari durian lokal unggul Semenguk Sakti ini cita rasanya sangat enak dengan ketebalan daging 10-15 mm.

Durian ini sudah berhasil dibudidayakan dengan teknik sederhana (intrest), induk intresnya diambil dari Desa Tanjungan Kecamatan Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Identitas pohon induk tunggal tanaman milik Ahmad Pikal Desa Tanjungan. Bibit durian unggul Semenguk Sakti sudah diregestrasi dengan nomor regestrasi pohon induk Dr.BA/plb/SS/OO/6/Ts/2011.

“Kita harapkan durian Semenguk Sakti ini sudah produksi dan membanjiri pasar pada musim buah enam tahun kedepan,” harap Bupati OKU seraya menambahkan tidak hanya di Kabupaten OKU tapi durian Semenguk Sakti ini akan terkenal dimana-mana.

Sementara itu pada hari yang sama juga dilakukan serah terima TPP (Taman Teknologi Pertanian ) Raksajiwa yang diserahkan oleh DR Ir Haris Syahbuddin DEA dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian RI kepada Bupati OKU Drs H Kuryana Azis.

TTP Raksajiwa di Kecamatan Semidangaji ini dibangun dengan menggunakan dana APBN tahun 2016 oleh pusat dan Pemkab OKU menerima fisik yang sudah jadi.

TTP Raksajiwa ini kata DR Ir Haris Syahbuddin merupakan TTP terbaik dari 3 TTP yang ada di Sumsel.
Dikatakan Haris, di Indonesia hanya ada 31 TTP dan tiga diantaranya berada di sumsel.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian OKU Joni Saihu SP MSi menjelaskan, diareal seluas 4,6 ha ini terdapat 3 lembaga meliputi UPTD Agribisnis, Balai Penyuluhan Pertanian Raksajiwa dan TPP (Taman Teknologi Pertanian ) Raksajiwa.

Di TPP inijuga dilengkapi dengan mesin penggilingan kopi untuk proses pembuatan bubuk kopi bermacam-macam warna sesuai selera konsumen. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya.(http://palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.