Banner

Banner
Pemkab OKU

KPU: Total Ada 6, Debat Capres Pertama Punya 4 Segmen


KPU: Total Ada 6, Debat Capres Pertama Punya 4 Segmenbaturajaradio.com - KPU telah membuat susunan acara debat capres pertama dalam Pilpres 2019. Pada debat pertama, total akan ada enam segmen, namun debat yang melibatkan capres-cawapres hanya dilangsungkan dalam empat segmen.

"Kita sudah menuntaskan rundown debatnya, debat nanti akan disusun dalam empat segmen," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Sebelum debat dimulai, pada segmen pertama, capres-cawapres dipersilakan menyampaikan visi-misi. Debat dimulai pada segmen kedua dan ketiga. Capres-cawapres akan menjawab pertanyaan yang telah disusun panelis.

"(Segmen) pertama penyampaian visi-misi, kemudian segmen kedua dan ketiga itu menjawab pertanyaan yang telah disusun oleh para pakar," kata Arief. 

Sedangkan pada dua segmen berikutnya, paslon akan menjawab pertanyaan dari paslon lainnya. Arief mengatakan, untuk segmen pertanyaan panelis dan pertanyaan antarpaslon, diberikan waktu yang sama, agar debat berlangsung secara berimbang.

"Segmen keempat dan kelima itu debat antarkandidat, jadi pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing paslon kepada paslon lain," kata Arief. 


Debat akan ditutup dengan closing statement oleh masing-masing paslon pada segmen keenam. Arief juga mengatakan paslon akan menyampaikan keterangan kepada media secara bersamaan setelah debat berlangsung.
"Kemudian pada segmen terakhir atau segmen keenam akan ada closing statement oleh masing-masing paslon. Nah, setelah dilakukan debat selesai, kami sepakati akan dilakukan presscon (konferensi pers) bersama dari tim kampanye 01 dan 02. Jadi kami ingin membangun kultur baru bahwa pemilu ini bisa dilakukan kompetisinya dengan selalu bersama dan bergandengan," tuturnya. 

Nantinya, segmen pertama pemaparan visi-misi akan dilakukan dengan durasi 23 menit 15 detik. Segmen kedua pendalaman visi-misi hukum dan HAM 15 menit 30 detik. Segmen ketiga pendalaman visi-misi korupsi dan terorisme 15 menit 30 detik. Segmen keempat dan kelima debat dan saling bertanya antarkandidat dengan masing-masing waktu 13 menit dan segmen keenam closing statement 11 menit 30 detik.

Susunan acara ini diambil berdasarkan kesepakatan dalam pertemuan KPU bersama masing-masing perwakilan timses paslon dan media yang akan menyiarkan debat pertama. Debat pertama ini akan dilakukan pada tanggal 17 Januari 2019, dengan mengusung tema 'HAM, Hukum, Korupsi, dan Terorisme'. 


(https://news.detik.com/berita)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.