Banner

Banner
Pemkab OKU

Dana Tembok AS-Meksiko Ditolak, Trump 'Shutdown' Sebagian Pemerintahan


Dana Tembok AS-Meksiko Ditolak, Trump Shutdown Sebagian Pemerintahanbaturajaradio.com - Presiden AS Donald Trump akan memulai penutupan (shutdown) parsial atau sebagian pemeritahan pada tengah malam Jumat (21/12) waktu setempat. Penutupan dilakukan karena senator Republik gagal mengumpulkan suara agar anggaran pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko senilai USD 5 miliar disetujui.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (22/12/2018), penutupan parsial ini dilakukan setelah keinginan Trump untuk membangun tembok ditentang keras oleh senator dari Demokrat. 
Trump mengatakan penutupan beberapa bagian penting dari pemerintah federal bisa dilakukan dalam waktu yang sangat lama. Dia berusaha menyalahkan Demokrat atas hal tersebut.


"Kami akan melakukan penutupan. Tidak ada yang bisa kita lakukan tentang itu karena kita membutuhkan Demokrat untuk memberikan suara kepada kita, " kata Trump dalam sebuah video yang di-posting ke akun Twitter-nya sekitar dua jam sebelum batas waktu tengah malam untuk mengesahkan RUU pengeluaran. "Penutupan ini semoga tidak akan berlangsung lama," ucapnya.


Senator Republik dan Demokrat awal pekan ini mencapai kesepakatan tentang undang-undang pendanaan jangka pendek yang tidak termasuk USD 5 miliar yang diinginkan Trump. Atas hal itu, Trump mengatakan pada hari Kamis waktu setempat ia tidak akan menandatanganinya.

Penutupan itu adalah bukti terbaru dari disfungsi di Washington dan tidak menjadi pertanda baik untuk tahun depan, ketika Demokrat akan memiliki tangan yang lebih kuat ketika mereka mengendalikan Dewan Perwakilan Rakyat.

"Presiden Trump telah melampiaskan amarahnya dan sekarang membuat kami bergegas menuju 'Trump shutdown' selama Natal," kata pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer di lantai Senat.

"Anda tidak mendapatkan tembok hari ini, minggu depan atau pada 3 Januari, ketika Demokrat mengambil alih Dewan," tambah Schumer.

Beberapa jam sebelum batas waktu tengah malam, anggota parlemen bertemu dengan Wakil Presiden Mike Pence dan pejabat Gedung Putih lainnya dalam upaya terakhir untuk menemukan RUU Pendanaan. Tetapi mereka tidak dapat mencapai kesepakatan, DPR dan Senat ditunda, memastikan penutupan sebagian.



Pembicaraan antara tim Trump dan para pemimpin Partai Republik dan Demokrat diperkirakan akan berlanjut selama akhir pekan. Senat akan kembali dari reses pada tengah hari pada hari Sabtu, meskipun tidak jelas apakah akan memiliki proposal baru untuk dipertimbangkan.

Tiga perempat dari program pemerintah federal sepenuhnya didanai hingga 30 September mendatang, termasuk yang ada di Departemen Pertahanan, Departemen Tenaga Kerja, Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. Pendanaan untuk semua lembaga lainnya, termasuk departemen Keamanan Dalam Negeri, Keadilan, dan Pertanian, dijadwalkan berakhir pada Jumat tengah malam. Penutupan parsial dimulai dengan lembaga-lembaga yang terkena dampak membatasi staf mereka yang dianggap penting untuk keselamatan publik.


https://news.detik.com/internasiona)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.