Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Koramil Baturaja Bangun 36 WC Warga Secara Gratis Untuk Warga

Koramil Baturaja Bangun 36 WC Warga Secara Gratis Untuk Wargabaturajaradio.com -Kodim 0403/OKU melalui Koramil 403-12 Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu pada semester II Tahun 2018 sudah membangun 36 umum WC umum secara cuma-cuma.

Komandan Kodim 0403/OKU, Letkol Arm Agung Widodo SSos, didampingi Danramil 403-12 Baturaja Kapten CZI Handayani Watulaga kepada Sripoku.com, Rabu (28/11/2018) menjelaskan, pembangunan WC umum dilakukan di wilayah teritorial Koramil Baturaja khususnya di Kecamatan Baturaja Barat.

Dandim OKU menjelaskan, WC yang dibangun berukuran 2 M X 2 M ini dibangun TNI bersama masyarakat dalam program jambanisasi.

Pembangunan WC secara gratis dikomandoi oleh Danramil Kota Kapten CZI Handayani Watulaga.

Danramil yang membawahi 4 Kecamatan Baturaja Barat, Baturaja Timur Lubukraja dan Sosohbuayrayap ini mengatakan, pihaknya berharap dengan sudah tersedianya fasilitas jamban warga bisa BAB ditempat yang sudah disediakan.

Untuk menghindari timbulnya penyakit menular melalui kotoran apabila BAB sembarangan.

Dikatakan Danramil, WC umum yang baru dibangun TNI bersama rakyat ini langsung dimanfaatkan warga, selama ini masih banyak warga beraktivitas BAB di sungai karena belum memiliki jamban keluarga.

Setelah dibangun melalui program jambanisasi ini warga kini sudah bisa memanfaatkan WC yang dibangun TNI.

Dikatakan Dandim, tujuan pembuatan jamban umum ini memang untuk memotivasi warga menjaga kesehatan lingkungan.

Untuk memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya jamban, TNI langsung memberikan contoh, bagaimana cara membuat jamban yang memenuhi standar sehingga layak digunakan. 

Dikatakan Dandim, program pembangunan jambanisasi ini masih akan terus berlanjut, yang dibidik adalah keluarga yang kurang mampu yang selama ini masih terbiasa BAB bukan pada tempatnya. Program jambanisasi yang pembangunannya difasilitasi TNI jajaran Kodim 0403 /OKU bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Terpisah, Tokoh Masyarakat Desa Tanjungkarang Kecamatan Baturaja Barat, Mustofa (48) mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI khususnya Koramil Kota Baturaja yang sudah memfasilitasi pembangunan jamban umum.

Karena keterbatasan pengetahuan dan ekonomi selama ini warga masyarakat masih terbiasa buang air besar di aliran sungai Ogan.

Meski diakui ada beberapa rumah tangga yang sudah memiliki jamban keluarga namun kondisi tidak sesuai standar. “Melalui program jambanisasi dari TNI ini kami juga mendapat ilmu cara membuat jamban yang standard dan sekaligus membudayakan hidup bersih dan sehat,” urai Mustofa. (http://palembang.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.