Banner

Banner
Pemkab OKU

Dinas Perikanan dan Peternakan Pacu Produksi Ikan di Kabupaten OKU

Berita OKU: Dinas Perikanan dan Peternakan Pacu Produksi Ikan di Kabupaten OKUbaturajaradio.com -Pihak Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ulu terus memacu produksi ikan di Kabupaten OKU.

Rata-rata konsumsi ikan di Kabupaten OKU berkisar 3 ton-5 ton per hari, dari jumlah kebutuhan itu baru sekitar 20 persen terpenuhi dari Kabupaten OKU. Untuk mencukupi jumlah kebutuhan ikan di OKU masih dipasok dari luar OKU seperti Lampung, OKU Timur dan Ogan Komering Ilir.

“Dalam waktu dekat kita targetkan 70 persen kebutuhan konsumsi ikan akan dipenuhi dari Kabupaten OKU sendiri,” terang Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Ir Hj Tri Aprianingsih. Saat ini produksi ikan dalam setahun sekitar 6.000 Ton ikan, kedepan ditargetkan produksi ikan ditargetkan bisa di atas 10.00 ton ikan/tahun.

Kadin Perikanan yang juga didampingi Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Ir Dainal Wajedi MSi kepada Sripoku.com Rabu (23/10/2018) menjelaskan, dalam rangka memacu produksi ikan di tahun 2018 ini pihaknya focus memberikan dukungan langsung kepada kelompok pembudidaya ikan.

Pencapaian produksi perikanan budidaya tidak terlepas dari upaya KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) yang mendorong berbagai program prioritas di di Kabupaten OKU. Diantaranya dukungan tebar 45.000 ekor bibit ikan gurami, baung dan nila dialiran Sungai Ogan. Restocking (penebaran kembali benih Ikan ) bulan November tahun lalu. Hasilnya sudah mulai dinikmati sekarang, nelayan mulai rajin menjajakan ikan hasil tangkapan di Sungai Ogan.

Kadin yang juga didampingi Kabid Pengelolaan Budi Daya Ikan M Nazili SPI MSi menjelaskan, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada kelompok Pembudidaya Ikan. Tercatat sebanyak 70 kelompok pembudidaya ikan yang sudah menjadi binaan dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU.

Kelompok ini pembudidaya ini ini tersebar di seluruh kecamatan yang ada di OKU. Bentuk pembinaan yang dilakukan lanjutnya selain diberikan bantuan bibit ikan, Kelompok Pembudidaya Ikan ini juga diberikan bimbingan dan pelatihan bagaimana cara budidaya ikan yang baik dan benar sehingga dapat menghasilkan produksi ikan yang bagus.

Pihak dinas Perikanan juga mengajarkan teknik baru dalam pengembangan budidaya ikan yakni seperti menggunakan Bioflok. Beberapa kelompok pembudidaya ikan sudah ada sebagian dibantu menggunakan Teknologi bioflok. (http://palembang.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.