Banner

Banner
Pemkab OKU

Sosialisasikan Gemarikan, Pemkab OKU Gandeng Pelajar Buat Duta 'Sahabat Gemarikan'

Sosialisasikan Gemarikan, Pemkab OKU Gandeng Pelajar Buat Duta 'Sahabat Gemarikan'baturajaradio.com -Pemerintah Kabupaten OKU melalui Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

Acara dipusatkan di gedung Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten OKU Kamis (19/9/2018).

Hadir Bupati OKU diwakili Asisten II H Facruddin Rozi SE MM, Ketua TP PKK OKU Hj Badiar Dewi Kuryana, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj Henny Johan ST dan Ketua DWP Hj Susmadiana Tarmizi SPd SMn MSi.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Ir Hj Tri Aprianingsih, dalam laporannya menyampaikan, Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan yang disingkat GEMARIKAN merupakan program nasional dari Kementerian Kalutan dan Perikanan Republik Indonesia sejak Tahun 2016.

GEMARIKAN adalah sebuah gerakan moral yang memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah tepat agar terbentuk manusia Indonesia yang cerdas sehat dan kuat.

Sedangkan tujuan GEMARIKAN dalam rangka mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk gemar makan ikan.

Mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan anak serta meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten OKU.

Peserta sosialisasi berjumlah 200 orang terdiri dari pelajar utusan dari 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan pelajar utusan dari 16 Sekolah Dasar (SD).

Masing-masing sekolah mengirim 5 peserta sehingga jumlah peserta dari sekolah sebanyak 120 orang.

Para pelajar ini akan dijadikan duta 'Sahabat Ikan' untuk mensosialsiasikan gemar mengkonsumsi ikan kepada pelajar lainya. 

Para siswa juga didampingi oleh satu guru pendamping sebanyak 24 orang.

Peserta lainnya adalah pengurus Forum Peningkatan dan Konsumsi Ikan (Forikan) , Ketua DWP beserta anggota, pelaku usaha produk olahan ikan, dan Tim Pokja III PKK dan Sekretaris TP PKK.

Sedangkan Bupati OKU diwakili Asisten II H Fachruddin Rozi SE MM mengatakan kegiatan ini diselenggarakan Dinas Perikanan dan Peternakan OKU dan Forum Peningkatan Konsumsei Ikan (FORIKAN).

Diharapkan sebagai bagian penting untuk makanan bergizi dan berkualitas yang dalam hal ini mengembangkan budaya konsumsi dalam hal ini adalah protein hewani yang bersumber dari ikan.

Dalam kaitan ini keberadaan Forikan yang dibentuk oleh pemerintah ditujukan guna mendorong tumbuh-kembangnya usaha perikanan yang dijalankan oleh masyarakat.

Baik ikan tangkapan maupun ikan budi daya. Dan di pihak lain, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan Forikan diarahkan pada upaya membangun pola makan yang sehat dan bergizi dengan cara menciptakan variasi menu jenis makanan olahan yang memanfaatkan daging ikan. (http://palembang.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.