Banner

Banner
Pemkab OKU

Nuansa Tahun Baru Islam Mulai Terasa di Ogan Komering Ulu

Nuansa Tahun Baru Islam Mulai Terasa di Ogan Komering Ulubaturajaradio.com -Nuansa peringatan Tahun Baru Islam mulai terasa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan.

Hal ini ditandai dengan banyaknya persiapan berbagai lomba dalam menyemarakkan 1 Muharam yang akan jatuh pada 11 September 2018.

Seperti dituturkan Ketua BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Kabupaten OKU, Ustad H. Rokhmat Subeki Minggu (2/9/2018).

Berbagai perlombaan bernuansa Islami yang akan menyemarakkan pergantian tahun Islam akan diadakan, meliputi lomba tilawah, tartil, azan, tahfiz, ceramah, syarofal anam, dan lainnya.

Saat ini di OKU juga sedang selaksanakan seleksi di tingkat kecamatan masing-masing yang diikuti peserta TK/TPA yang ada di OKU.

Kemudian dilanjutkan ditingkat Kabupaten.

"Setidaknya ada 19 jenis perlombaan yang dipertandingkan dalam rangka memeriahkan Tahun Bru Islam,” terang Ketua BKPRMI OKU.

Puncak perayaan tahun Baru Islam akan ditandai dengan dilaksanakannya pawai pada tanggal 11 September mendatang.

Pemenang pada tiap perlombaan akan dapat uang penghargaan.

Juara pertama sebesar Rp 500.000, juara kedua Rp 400.000, dan juara ketiga Rp 300.000.

Khusus untuk lomba syarofal anam, juara utama mendapat Rp 2,5 juta, karena untuk 1 grup jumlah anggota mencapai 20 personil.

Sedangkan juara ke 2 lomba Syarofal Anam akan mendapat hadiah uang sebesar Rp 2 juta, dan juara 3 sebesar Rp 1,5 juta.

Juara umum akan diperebutkan secara bergilir oleh tiap kecamatan setiap dua tahun sekali karena dana hibah dari pemerintah tidak bisa diberikan setiap tahun.

Gebyar muharam rencananya kembali akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

Dilaksanakan seleksi di kecamatan, lanjutnya, agar gaungnya bisa terasa sampai tingkat desa.

Selain itu, tujuan melaksanakan gebyar 1 Muharam ini agar umat Islam semakin bersemanagat menyambut pergantian tahun Baru Islam.

Jumlah peserta dari kegiatan ini sendiri adalah 383 peserta dari 13 kecamatan.

Lokasi kegiatan dibagi di empat lokasi.

Yakni di Masjid Islamic Center ada lomba tilawah dan mewarnai, di ruang TK TPA ujung ada lomba tartil, dan ruang rapat Baznas ada lomba syarofal anam.
(http://palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.