Banner

Banner
Pemkab OKU

BPS Segera Rilis Data Produksi Pangan

baturajaradio.com - Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis data produksi pangan terbaru pada Oktober 2018. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

"Oktober ya, karena kita masih menunggu finalisasi dari Kementerian ATR dan BIG. Kita (BPS) sudah selesai, tapi petanya mau kita perbaiki lagi," kata Suhariyanto di Jakarta, Senin (10/9).

Suhariyanto mengatakan, selain data produksi baru yang akan dirilis ke publik, akan ada rilis peta baru yang dikerjakan oleh Kementerian ATR dan BIG.

BPS tengah melakukan penyempurnaan metodologi untuk memperbaiki data produksi pangan di Indonesia. Salah satu data produksi pangan yang kerap menjadi perdebatan adalah terkait produksi beras.

"Jadi, BPS bersama BPPT mulai Januari 2018 membuat namanya kerangka sampel area. Itu pakai peta kita bagi-bagi segmennya kemudian koordinatnya dimatikan. Petugas diminta datang ke sawah dengan menggunakan ponselnya dan harus memotret," ujar Suhariyanto.

Suhariyanto menjelaskan, petugas pemantau di lapangan diwajibkan menunjukkan bukti kondisi sawah melalui ponselnya. Hal itu, ujarnya, guna meningkatkan akurasi data.

"Jadi kita betul-betul di lapangan melihat kondisi sawahnya apakah baru tanam, apakah sudah panen," ujarnya.

https://republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/18/09/11/pevbhr382-bps-segera-rilis-data-produksi-pangan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.