Banner

Banner
Pemkab OKU

10 Komponen Mobil Yang Wajib Dicek Sebelum Perjalanan Jauh

baturajaradio.com - Saat musim mudik lebaran pasti banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil . Nah, kondisi mobil yang prima juga akan membuat perjalanan anda semakin nyaman selain itu, kondisi mobil juga harus keadaan yang prima karena demi keselamatan pengendara yang juga sangat berpengaruh pada keadaan mobil.
Namun, sekarang ini banyak orang yang memilih melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi. Karena mereka berfikir bahwa kalau menggunakan kendaraan pribadi mereka dapat menikmati perjalanan dan jika kecapean maka dapat berhenti dimana saja.
Selain mudik, perjalanan jarak jauh juga dapat dilakuakn pada saat touring , untuk sebagian orang yang mencintai dunia otomotif maka akan menjaga keadaan mobilnya akan tetap dalam keadaan prima. Oleh karena itu wajib bagi anda untuk selalu menecek keadaan mobil, karena jika sewaktu waktu akan digunakan maka anda bisa langsung menjalankannya. Apalagi pada saat akan digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh.
Ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan dalam mengecek kondisi mobil pada saat akan digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh agar tetap prima . Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi mobil anda agar tetap prima.
1. Oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan
Mobil yang digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang sanagt jauh maka mobil tersebut harus selalu menggunakan oli dan dalam kondisi yang baik. Oli mesin, oli transmisi, maupun oli gardan harus selalu dikontrol karena fungsinya yang sangat penting yang berfungis untuk mengurangi gesekan antara komponen yang ada di dalam mesin mobil anda.
Mengecek atau kontrol hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu hal yang merupakan cara utnuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan karena kondisi perjalanan yang tidak terduga, dan hal yang sangat ditakuti pada saat mudik adalah bila kendaraan mogok atau bermasalah di tengah hutan dan tidak membawa peralatan apapun.
2. Kelistrikan dan air aki
Sanagt penting melakukan pengecekan kalistrikan pada mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh untuk mengetahui besar kecilnya arus yang masuk, atau memeriksa keadaan apa adakah kebocoran arus yang dapat membuat aki mobil tidak dapat menyimpan listrik dalam jangka waktu yang lama.
Air aki juga berpengaruh dan tidak boleh luput dari pengecekan karena akan merusak komponen lain di dalam kendaraan jika mengalami kekeringan dan bahkan jika air aki dalam keadaan yang kosong lam kelamaan bisa meledak.
3. Filter udara

Filter udara juga harus dicek guna mencegah tarikan mesin yang kurang bertenaga, bahkan bahan bakar akan menjadi lebih boros, suara mesin menjadi kasar, dan bisa menyebabkan mesin mobil akan bermasalah atau ngadat.
4. Tekanan udara pada ban
Takanan udara pada ban juga adalah merupakan salah satu hal yang wajib untuk  selalu dikontrol. Karena, selain menjaga ban agar tidak mudah habis tekanan udara pada ban juga dapat mencegah ban pecah secar tiba tiba di tengah perjalanan
yang disebabkan karena suhu ban meningkat. Selin itu, juga dapat membantu sistem pengereman menjadi lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun rendah, daya tahan ban yang lebiih baik, serta ikut menghemat bahan bakar.
5. Air radiator
Peran air radiator sangat vital terhadap sistem pendingin mesin. Kurangnya air radiator akan menyebabkan mesin mudah panas atau overheat apalagi jika kendaraan dipacu dalam waktu yang lama dan jarak yang sangat jauh selama perjalanan.
6. Wiper
Jangan sepelekan kondisi wiper di kaca kendaraan anda karena fitur ini sangat penting untuk membersihkan kaca dari air hujan maupun kotoran dan debu yang menepel pada kaca mobil dan akan mengganggu pandangan berkendara selama perjalanan dilakukan.
7. Shock absorber
Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi menyerap guncangan yang ditimbulkan saat kendaraan melewati permukaan jalan yang tidak rata. Supaya perjalanan anda menjadi semakin lebih nyaman, ada baiknya jika melakukan pengecekan kondisi shock absorber sebelum melakukan perjalanan jauh.
8. Minyak rem dan kopling
Rem adalah merupakan perangkat pada mobil yang paling vital dalam kendaraan, sehingga diperlukan pengawasan ekstra pada kinerja rem, termasuk kondisi minyak rem. Minyak rem yang kotor dan berkurang dapat menurunkan kinerja atau fungsi rem. Selin itu, minyak kopling juga tidak boleh diabaikan karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.
9. Filter oli dan AC
Filter oli harus diganti secara berkala karena fungsinya yang sangat penting untuk menyaring kotoran pada oli. Filter Ac juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor dari luar sebelum didistribusikan ke dalam kabin kendaraan.
10. Sistem penerangan dan lampu
Cek kondisi lampu mobil anda pakah masih layak untuk digunakan atau tidak. Lampu utama maupun sein memiliki fungsi yang sangat panting, lebih dari sekedar penerangan melainkan juga sebagai tanda untuk pengendara lain.Pemudik harus memeriksa sistem kelistrikan, terutama sambungan kabel, kondisi kabel, serta bohlam apakah masih layak atau perlu diganti.
Demikian artikel saya kali ini mengenai hal yang perlu dicek saat akan melakukan perjalanan jarak jauh. Semoga artikel kali ini dpaat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. anda dapat melakukan tips tips diatas dengan cara membawa mobil anda ke bengkel yang menerima jasa service mobil.
(https://showroommobil.co.id/tips-dan-trick/komponen-mobil-yang-wajib-dicek-sebelum-perjalanan-jauh/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.