Banner

Banner
Pemkab OKU

Resep Cilok Bumbu Kacang Khas Bandung



baturaja radio.com - Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.Cilok adalah lakuran dari kata aci dan dicolok. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok.Bahan bakunya antara lain tepung kanji, bumbu bawang, dan beberapa bahan lainnya. Lalu campurkan dengan daging ayam atau sapi dengan menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso.Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, cilok juga dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata pedagang cilok adalahpedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik.

Resep Cilok Khas Bandung

Bahan Untuk Membuat Resep Cilok
  • tepung terigu 200 gram
  • tepung kanji sebanyak 200 gram
  • garam satu sendok teh
  • haluskan bawang putih 2 siung saja
  • merica bubuk se perempat sendok teh
  • kaldu ayam satu sendok teh.
  • air bersih 400 mili liter
  • daun bawang cukup 2 batang, iris tipis
Cara  Membuat Cilok BandungLangkah pertama adalah campurkan tepung kanji dengan merica dan garam , aduk sampai rataDidihkan air dan campurkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan kaldu ayam bubuk sampai mendidih dan tercampur merata, setelah mendidih masukan tepung kanjisetelah menjadi adonan , masukan tepung terigu. campur rataUleni adonan sampai benar-benar kalis dan tidak terlalu lengket.Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan dan masukan kedalam air yang mendidih. Rebus cilok sampai matang. Salah satu tanda bahwa cilok sudah matang adalah cilok tersebut akan mengambang.Angkat cilok yang sudah mengambang, angkat dan tiriskan. 

Bahan Untuk Membuat Saus Kacang
  • Gula pasir satu sendok teh saja.
  • cuka sebanyak dua sendok teh.
  • sangrai 150 gram kacang tanah , kemudian dihaluskan.
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
Cara Membuat Saus Kacang

Haluskan kacang tanah sampai halus. Gunakan blender jika ingin hasil yang sempurna. Kemudian tambahkan cuka, gula pasir, garam dan air aduk rata sampai adonan sedikit cair. Masak sebentar seperti membuat saus kacang untuk siomay. 
Ketika menghidangkannya tambahkan dengan saus tomat dan saus kacang yang sudah dibuat. Selain itu anda juga bisa menjadikannya menjadi cilok bakar. Anda tinggal menusuk cilok tersebut seperti sate kemudian bakar sebentar. Olesi dengan menggunakan saus kacang yang sudah anda buat. Untuk rasa yang lebih enak, anda bisa menambahkan sedikit daging ayam atau daging cincang. Mudah bukan? Cilok yang anda buat sudah jelas kebersihannya dan tentu dengan rasa yang enak. Anda bisa membuatnya untuk anak-anak anda. Daripada anak anda harus membelinya di luar rumah. Banyak cilok yang dijual di luaran sana dicampur dengan bahan-bahan yang berbahaya. Ini akan mengganggu kesehatan anak anda. lebih baik anda membuat jajanan sendiri yang sudah jelas kebersihannya. Nah itulah bagaimana tahapan untuk membuat resep cilok. Mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

(https://resepkomplitmasakankampung.blogspot.com/2015/09/resep-cilok-bumbu-kacang-khas-bandung.html)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.