Banner

Banner
Pemkab OKU

Kominfo-KLHK luncurkan sistem informasi karhutla melalui SMS

baturajaradio.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan sistem penyampaian informasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui pesan singkat (SMS Blast).

Peluncuran sistem SMS Blast tersebut dilakukan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar dan Menkominfo, Budiantara didampingi perwakilan penyedia layanan komunikasi di auditorium dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK di Jakarta, Rabu.

"Kehadiran sistem informasi dan teknologi membuat langkah kita lebih sistematis dan lebih modern kerja kita serta mendorong lebih kencang lagi kesadaran masyarakat juga yang paling penting menambah gairah masyarakat untuk menjaga lingkungan," kata Siti Nurbaya.

Bertepatan dengan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang diharapkan sistem informasi melalui SMS Blast mampu memberikan edukasi bagi masyarakat untuk melakukan pencegahan karhutla yang ada di daerah mereka.

Kerja sama antara KLHK dan Kemkominfo sudah terjalin sejak 2017 yang akan berlangsung selama tiga tahun. Enam penyedia layanan komunikasi yang ikut dalam pengiriman SMS tanggap karhutla yaitu PT Telekomunikasi Indonesia, PT Telkomsel, PT Indosat Ooredoo, PT XL Axiata, PT Hitchison 3 Indonesia dan PT Sampurna Telekomunikasi Indonesia.

Melalui kerja sama tersebut KLHK berharap untuk mengajak masyarakat turut mencegah kebakaran hutan dan lahan, meningkatkan koordinasi dan sinergi pemerintah dari tingkat pusat ke daerah.

"Dengan diluncurkan layanan ini kami berharap bisa lebih baik lagi melayani masyarakat," ujar Menkominfo, Rudiantara.
https://sumsel.antaranews.com/berita/336483/kominfo-klhk-luncurkan-sistem-informasi-karhutla-melalui-sms

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.