Banner

Banner
Pemkab OKU

8 Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Baturaja Radio.COM Siapa suka makan pare? Sayuran hijau dengan nama ilmiah Momordica Charantia ini memang cenderung dihindari orang karena rasanya yang pahit. Namun, tahukah Anda di balik rasa getirnya, pare ternyata juga menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan manusia?
Melihat kandungannya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, serat, protein, karbohidrat, fosfor, serta zat-zat lain, kira-kira apa saja sih manfaat pare yang bisa kita peroleh? Simak daftarnya berikut ini!
  1. Terapi Diabetes Terbaik

Anda yang memiliki penyakit atau riwayat diabetes, selain mengonsumsi obat-obatan atau obat herbal untuk diabetes, cobalah memilih pare sebagai menu selingan mulai sekarang. Kandungan Polipeptida-p yang terdapat pada biji dan daging buah pare ternyata memiliki efek hipoglikemik yang sangat bagus untuk menurunkan kadar gula dalam darah penyebab diabetes. Tak heran kalau sayuran ini banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan untuk dikonsumsi mereka yang bermasalah dengan gula darah.
  1. Memerangi Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat yang bersarang di banyak jaringan tubuh, terutama darah, merupakan satu dari sekian banyak penyebab timbulnya penyakit berbahaya dan mematikan seperti serangan jantung.
Nah, kandungan zat tertentu dalam pare ternyata sangat ampuh dalam meningkatkan produksi apolipoprotein A-1 yang merupakan komponen utama kolesterol baik. Makin banyak kadar apolipoprotein A-1 dalam tubuh, artinya makin sedikit jumlah kolesterol jahat dalam darah. Jadi, jangan malas mengonsumsi pare, ya!
  1. Anti-Kanker

Mencegah datangnya penyakit kanker ternyata semudah mengonsumsi sayur pare, lho. Tidak percaya? Selain mengandung zat antioksidan yang aktif menangkal radikal bebas, pare juga menyimpan zat lektin yang aktif menghambat sintesis protein dan DNA pada limfosit leukemia. Kandungan protein dalam buah berkulit gerigi ini pun dianggap ampuh mencegah pertumbuhan tumor prostat pada laki-laki dewasa.
  1. Mencegah Obesitas

Anda yang sedang giat menerapkan program diet untuk menurunkan berat badan rasanya harus mulai rajin mengonsumsi pare. Sayuran ini terbukti mampu meningkatkan penggunaan glukosa dan membakar lemak untuk kemudian diubah menjadi energi.
  1. Meningkatkan Produksi ASI

Bunda sedang menjalani fase menyusui? Cobalah secara rutin mengonsumi pare. Sayuran yang di beberapa daerah disebut paria ini ternyata mengandung zat likopen, fitokimia, serta vitamin K yang sangat bagus untuk merangsang produksi air susu ibu.
Mengonsumsinya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dimasak dengan bumbu sesuai selera atau dibuat jus pare murni. Jika tidak kuat dengan rasa pahitnya, tambahkan saja gula atau madu secukupnya.
  1. Menghilangkan Jerawat

Punya masalah dengan jerawat, tapi enggan memakai krim dokter karena takut ketergantungan? Tak usah khawatir, sebab pare bisa jadi solusinya. Kandungan beta-karoten dan antioksidan dalam sayur ini terbukti sangat ampuh mencegah bakteri penyebab jerawat.
Buat saja masker dari pare. Caranya, pisahkan pare dari biji-bijinya, lalu blender sampai halus dengan menambahkan sedikit air. Jika sudah menjadi pasta, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai wajah benar-benar bebas jerawat.
  1. Meringankan Asma

Asma merupakan penyakit yang disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah cuaca dingin yang ekstrem. Beruntung, peneliti dari University of Massachusetts menemukan kandungan zat anti-histamin, anti inflamasi, supresan, ekspektoran, dan antivirus dalam pare yang sangat bermanfaat dalam meredakan asma, demam, atau bahkan bronchitis.
Lebih baik konsumsilah pare sesaat sebelum tidur agar waktu istirahat Anda tak terganggu karena sesak napas.
  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daging buah dan biji pare memiliki kandungan antivirus yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda yang ingin memiliki tubuh yang senantiasa bugar, tak ada salahnya rutin mengonsumsi pare mulai sekarang.
Nah, itu dia delapan manfaat pare untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat!(berbagai-manfaat-pare-bagi-kesehatan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.