Banner

Banner
Pemkab OKU

Bahaya Beruang Madu di OKU Masuki Permukiman Warga

baturajaradio.com -Warga Desa Sumber Bahagia Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) digegerkan dengan kemunculan tiga beruang madu yang masuk ke pemukiman warga setempat, bahkan beruang ini telah mengacak-ngacak kebun dan salah satu rumah warga.

Kemunculan beruang madu ini membuat masyarakat setempat resah, dan membuat warga terpaksa harus bersiaga dari ancaman beruang tersebut. Menurut keterangan Kanit Binmas Polsek Lubuk Batang Aiptu Angkut yang sudah 3 hari di lokasi sejak mendapat laporan warga mengatakan jika warga setempat masih bingung mengambil tindakan, apakah mau dibunuh atau menunggu instansi terkait turun kelapangan.

"Ini ada tiga ekor beruang, diatas pohon beruang kecil dibawah pohon ada dua indukan beruang yang membuat warga hanya bisa memantau dari kejauhan karena takut dengan hal yang tidak diinginkan,"kata Angkut. 

Saat ditanya apa saja kerusakan yang disebabkan oleh beruang tersebut ? Dan bagaimana dengan Dinas Kehutanan OKU? Angkut mejelaskan jika pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kehutanan 3 hari yang lalu BKSDA OKU namun hingga hari ini belum ada satupun pihak kehutanan yang datang.

"Nah ini jadi permasalahannya tidak bisa main-main dengan beruang kalau ada korban siapa yang akan bertanggung jawab? sedangkan beruang tersebut sudah masuk area rumah warga bahkan salah satu rumah warga pintunya sudah dicakari oleh beruang tersebut,"lanjut Angkut

Saat ini warga hanya bisa bersiaga dengan menggunakan petasan untuk menjauhkan beruang dari pemukiman serta menyiapkan jeratan jika saja beruang tersebut nekat masuk kepemukiman warga.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Joni Saihu saat dikonfirmasi terkait lambannya tindakan dinas Kehutanan dalam hal ini BKSDH OKU mengatakan agar warga sabar menunggu hingga pihak BKSDA datang melakukan tindakan. 

"Yo tunggu dulu sampai besok. Mungkin pak herman sedang ada kegiatan lain. Tks."jawabnya singkat. (http://www.detiksumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.