Banner

Banner
Pemkab OKU

6 Tips Sehat bagi Anda yang Bekerja di Depan Komputer



Baturajaradio.com - Menjadi seorang karyawan perusahaan yang lebih banyak bekerja di depan komputer memang memiliki sisi negatif dan positifnya. Terus-menerus bekerja sambil menatap layar komputer sebenarnya tidak baik bagi kesehatan, belum lagi jika Anda melakukannya dengan posisi duduk. Sekilas situasi ini terlihat baik-baik saja, namun jika terus dibiarkan bisa memicu masalah serius pada kesehatan Anda. Minimnya gerak dan mata lelah bisa menjadi awal mula munculnya berbagai keluhan kesehatan yang bahkan seringkali tetap diabaikan. Keluhan tersebut dimulai dari sakit mata, iritasi, mata lelah atau perih, gangguan pernglihatan, gangguan persendian, sakit punggung, dan leher. Untuk mengatasinya, inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat meskipun bekerja di depan komputer.


Tips bagi Anda yang Selalu Bekerja di Depan Komputer :
Banyak Minum Air Putih


Duduk terlalu lama bisa menjadi pemicu awal munculnya berbagai macam penyakit, hal ini tentunya tidak bisa dianggap sepele. Tips sehat pertama yang bisa Anda lakukan adalah banyak-banyak minum air putih selama bekerja. Salah satu manfaat minum air putih di saat Anda terlalu lama duduk adalah menjauhkan diri dari berbagai penyakit salah satunya batu ginjal. Selain itu, banyak minum air putih juga membuat Anda lebih sering buang air kecil sehingga tubuh lebih sering bergerak saat pergi ke toilet.

Buatlah Tubuh Tetap Bergerak


Posisi duduk yang terlalu lama membuat tubuh Anda kekurangan gerak. Hal ini akan berbahaya jika dibiarkan, maka dari itu buatlah tubuh Anda tetap bergerak selama bekerja. Buatlah alarm yang mengingatkan Anda untuk menggerakan tubuh misalnya dengan pergi ke taman, menuruni tangga, atau sekedar berkeliling kantor. Menggerakkan tubuh juga akan membuat Anda terhindar dari sendi yang kaku dan sakit.

Mengatur Tampilan Layar

Jangan biarkan mata Anda rusak gara-gara layar komputer Anda terlalu menyorot ke dalam mata Anda. Meskipun sering diabaikan, menyetel layar komputer dengan benar adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan bagi orang-orang yang bekerja di depan komputer. Sebaiknya Anda mulai mengatur tingkat pencahayaan dan gambar pada layar komputer Anda. Sebab jika terlalu terang atau terlalu gelap, itu akan membuat mata Anda mudah lelah hingga sakit kepala.

Menutup Mata sebagai Relaksasi


Mata Anda terus menatap objek yang adal di dalam layar komputer, dan itu membuat mata perih, iritasi, hingga sakit kepala. Tips sehat yang mampu membantu merelaksasi mata Anda yang lelah adalah dengan berkedip atau menutup mata untuk beberapa saat. Ibarat memberikan mata sedikit waktu untuk beristirahat sehingga tidak terlalu lelah dan sebagai cara untuk membuat mata lebih relaks.

Mengatur Posisi Duduk dan Jarak Pandang


Tips sehat yang terakhir adalah mengatur posisi duduk dan jarak pandang mata kepada layar komputer. Pertama cari posisi duduk yang nyaman dan tidak membuat tubuh Anda terlalu lelah, lalu atur seberapa jauh jarak antara mata dan posisi layar komputer Anda. Jika jarak pandang tidak seimbang, maka akan berisiko mengalami gangguan mata kering dan iritasi parah. Sedangkan posisi duduk yang nyaman akan membantu Anda untuk meminimalisir terjadinya sakit persendian dan tulang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.