Banner

Banner
Pemkab OKU

Trump Segera Umumkan Waktu-Tempat Pertemuan dengan Kim Jong-Un


Baturajaradio.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memutuskan soal waktu dan tempat untuk pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. Trump akan segera mengumumkannya dalam waktu dekat ini.

"Kami kini telah memiliki tanggal dan kami telah mendapatkan sebuah lokasi, kami akan mengumumkan itu segera," ujar Trump kepada para wartawan mengenai rencana pertemuannya dengan Kim, seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (5/5/2018).

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa Zona Demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea -- yang menjadi lokasi pertemuan bersejarah Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in -- juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk pertemuannya dengan Kim. Lokasi-lokasi lain yang mungkin adalah Mongolia, Singapura dan Swiss.



Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders mengatakan, Trump akan membahas persiapan untuk pertemuan puncak dengan Kim tersebut saat menerima kedatangan Moon di Gedung Putih pada 22 Mei mendatang.

Persiapan untuk pertemuan Trump-Kim telah meraih momentum sejak pertemuan Kim-Moon sepekan lalu. Dalam pertemuan itu, Pyongyang dan Seoul sepakat untuk mewujudkan denuklirisasi dan perdamaian abadi di semenanjung Korea. Korut pun menawarkan untuk menutup lokasi uji coba nuklirnya bulan ini -- dan mengundang pakar-pakar Amerika Serikat untuk memverifikasi langkah tersebut.



Mengenai penarikan pasukan AS dari Korsel -- hal yang sejak lama dituntut oleh Korut -- Trump mengatakan bahwa hal itu tidak untuk dibahas sekarang. "Saya pikir banyak hal hebat akan terjadi. Namun soal pasukan tidak masuk dalam agenda. Sama sekali tidak," tegasnya kepada para wartawan.

Namun Trump pun menambahkan, "Sekarang saya harus mengatakan pada Anda, suatu ketika di masa depan, saya ingin menghemat dana. Anda tahu, kita punya 32 ribu tentara di sana." (https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.