Banner

Banner
Pemkab OKU

Resep Ikan Nila Bumbu Asam Manis Special Ramadhan

baturajaradio.com - Resep Ikan Nila Bumbu Asam Manis Special Ramadhan

Bahan Utama Ikan Nila:

1 ekor (400gr) ikan nila
1/2 buah bengkuang, iris korek api
1 buah wortel, iris korek api
Minyak goreng secukupnya
1 ikat daun kemangi, ambil daunnya

Bumbu-Bumbu Ikan Nila Asam Manis:

2 siung bawang putih, diiris-iris
1 sdm kecap manis
1 cm jahe, iris-iris tipis
1 buah cabe hijau, iris tipis
1 sdt garam
1 buah cabe merah, iris tipis
1 sdm tepung maizena
1 sdm saus sambal
1 sdm saus tomat
Air putih secukupnya
1/2 sdt lada putih bubuk
3 siung bawang merah, iris tipis
2 batang daun bawang, iris menyerong
2 buah buah belimbing wuluh, iris tipis
1 sdt gula

Cara Membuat Ikan Nila Bumbu Asam Manis Lengkap yang Enak dan Praktis
Cara Mengolah Ikan Nila Sebelum Dimasak:

Pertama-tama, kita akan lakukan langkah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan nila, termasuk dengan membersihkan semua bahan yang kita gunakan. Hanya saja, ada beberapa bagian dalam ikan nila yang harus kita buang dan bersihkan diantaranya adalah bagian isi perut ikan, insang ikan dan sisik ikan. Nah, untuk mengetahui bagaimana membersihkan ikan nila, simak dilangkah selanjutnya

Untuk cara membersihkan ikan yang pertama kita awali dengan membersihkan sisik pada tubuh ikan. Bagian sisik ini menyimpan banyak kotoran dan kuman, untuk itu penting sekali dibersihkan. Nah, untuk membersihkannya, anda bisa melakukannnya dengan menggunakan pisau dan bersihkan sisik ikan dengan arah yang berlawanan yakni dari bagian ekor ke arah kepala. Lalu bersihkan pula sisik ikan dibagian satunya lagi.

Selanjutnya, setelah sisik ikan dibersihkan kita lanjutkan dengan membersihkan insang pada kepala ikan dan bersihkan dengan seksama, lalu buang insang ikan.

Selesai membersihkan insang ikan, lanjutkan dengan membersihkan isi perut ikan dan keluarkan isi perutnya. Lalu bersihkan dengan air dan pastikan tidak ada kotoran yang masih terdapat didalam perut ikan.

Apabila semua bagian ikan sudah dibersihkan kesemuanya, sekarang sayat bagian atas permukaan perut ikan dengan 2-3 sayatan dimasing-masing sisi. Hal ini bertujuan agar bumbu bisa meresap kedalam daging ikan secara merata.

Terakhir, setelah diberikan sayatan berikan lumuran garam dan air jeruk nipis pada ikan dan diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Cara Meracik Bumbu Asam Manis:

Sebelum meracik bumbu, terlebih dahulu ikan nila perlu kita goreng hingga kering. Untuk menggoreng ikan, siapkan wajan dan berikan minyak kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas.

Setelah panas, baru goreng ikan hingga berwarna kecoklatan dan garing sempurna. Setelah matang, angkat dan sisihkan sementara.

Sekarang kita akan buat bumbu asam manisnya. Caranya, panaskan 3 sendok makan minyak goreng dalam wajan dan tumis semua bumbu yang diiris hingga mengeluarkan aroma sedap yang mengoda.

Setelah tumisan bumbu harum, selanjutnya masukan wortel dan tambahkan garam, gula, saus, kecap, tepung mazeina, air dan merica bubuk kedalamnya. Lalu aduk-aduk merata dan masak hingga saus mendidih.

Setelah saus mendidih, masukkan ikan kedalam saus dan masak sebentar sampai bumbu meresap kedalam ikan secara merata.

Nah, kini anda akan siap mengangkat sajian sedap ikan nila asam manis yang enak dan nikmat. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan nila bumbu asam manis yang enak.

https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-ikan-nila-bumbu-asam-manis-lengkap-yang-enak-dan-praktis

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.