Banner

Banner
Pemkab OKU

Ramadhan, Volume Sampah di OKU Meningkat

baturajaradio.com -Momen bulan suci ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang musiman seperti pedagang yang menjual takjil buka puasa ataupun pedagang kelapa muda (dogan red), namun hal ini juga memberikan tambahan volume sampah yang ada. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Slamet Riyadi melalui Kabid Pengolahan Sampah, Brigman membenarkan selama bulan ramadhan 1439 H/2018 ada peningkatan volume sampah.

"Ada peningkatan volume sampah sekitar 3-5 ton dari hari biasa" kata Brigman saat dibincangi detiksumsel.com via sambungan selulernya, senin (28/5).

Dikatakan Brigman, peningkatan volume sampah didominasi oleh sampah bekas kulit dogan yang dijual pedagang musiman, selain itu untuk sampah yang berasal rumah tangga juga mengalami peningkatan namun tidak terlalu signifikan.

"Mungkin karena ini bulan puasa jadi tingkat konsumsi masyarakat juga meningkat". Jelasnya.

Meningkatnya volume sampah ini, membuat petugas DLH harus bekerja ekstra, setiap armada angkutan sampah kata Brigman harus memadatkan muatannya agar bisa mengangkut semua sampah yang ada.

"Kita tidak ada penambahan armada pengangkut sampah ataupun rute angkutan, hanya saja muatan setiap armada kita padatkan" imbuhnya.

Selain itu disebutkan Brigman, tidak adanya penambahan rute angkutan ini dikarenakan pihaknya mengalami kendala ketika melakukan pengisian BBM di SPBU.

"Kita tahu saat ini untuk BBM ini agak sulit, antrian di SPBU sangat panjang dan itu sudah memakan waktu kita, sopir kita sangat mengeluhkan hal ini, tapi mau bagaimana lagi soal BBM ini tidak hanya terjadi di tempat kita saja tapi hampir seluruh daerah. Untuk itu kita tidak menambah rate angkutan dan kita padatkan saja muatannya" tukasnya. (http://www.detiksumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.