Banner

Banner
Pemkab OKU

5 Variasi resep cara membuat bakpao kukus



Baturajaradio.com - Apakah Anda sering menemui penjual bakpao? Baik keliling atau yang biasa jualan di pinggir jalan? Seperti yang sudah kita ketahui, bakpao memang bukan makanan atau jajanan asli dari Indonesia. Bakpao merupakan makanan atau jajanan tradisional yang berasal dari dataran Cina. Kata bakpao sendiri merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Cina. Pao artinya bungkusan sedangkan Bak artinya daging, hal ini berarti bakpao adalah bungkusan yang berisi daging.

Bakpao memang bisa dikategorikan sebagai semacam roti. Bakpao terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi agar mengembang, kemudian diberi isian pada bagian tengahnya. Bakpao sekarang tidak lagi berisi daging saja. Namun bisa berisi coklat, strawberry, kacang tanah, kacang hijau, dan banyak macamnya. Karena tertutup, maka untuk membedakan adonannya, bagian atas bakpao diberi tanda yakni titikan warna.

Sekilas info bagi Anda, bakpao pertama kali ditemukan oleh Zhuge Liang (181-234), seorang ahli militer Tiongkok. Ia menemukan resep bakpao ketika bersama prajuritnya harus melewati sebuah sungai berbahaya Masyarakat lokal menyarankannya untuk mempersembahkan kepala manusia sebagai bentuk pengorbanan. Tentu saja Zhuge Liang tidak setuju. Ia kemudian memerintahkan tentaranya untuk memburu binatang dan membungkusnya dalam adonan tepung yang dibentuk serupa manusia sebagai pengorbanan. Dari sinilah kemudian bakpao mulai menjadi bagian dari masyarakat Cina.

Sama seperti makanan impor lainnya, bakpao tentu saja mengalami perubahan yang disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Karena itulah kemudian kita sering menjumpai bakpao isi coklat, strawberry, kacang tanah, kacang hijau, daging ayam, daging sapi, dan masih banyak lagi lainnya.

Pergi keluar untuk membeli bakpao memang mudah dilakukan karena memang penjual bakpao mudah ditemui. Tapi tidak ada salahnya bukan untuk menerapkan cara membuat bakpao sendiri di rumah? Yuk, simak aja langsung cara membuat kue bakpao sederhana, lembut dan empuk di bawah ini.
1. Cara membuat adonan bakpao agar lembut dan empuk

Bahan :
Tepung terigu protein rendah 300 g
Tepung maizena 60 g
Ragi 8 g
Baking powder sdt
Garam sdt
Mentega putih 30 g
Gula halus 100 g
Air dingin 150 ml
Selai coklat
Selai strawberry

Cara membuat :
Siapkan wadah besar yang bersih
Masukkan tepung terigu dan gula halus lalu aduk hingga rata.
Masukkan tepung maizena, ragi, dan baking powder lalu aduk hingga rata.
Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Uleni hingga adonan tercampur rata dan pastikan tidak ada gumpalan.
Masukkan garam dan mentega putih. Uleni lagi dengan tangan hingga tercampur sempurna.
Diamkan adonan selama 30 menit. Jangan lupa untuk menutup wadah dengankain.
Ambil sedikit adonan lalu bentuk menjadi bulatan kecil. Bentuk hingga adonan habis.
Diamkan bulatan adonan selama 10 menit.
Bulatan adonan tadi kemudian pipihkan dan masukkan isian yang ada, bentuk bulat lagi.
Diamkan bulatan adonan yang sudah diisi selama 30 menit.
Siapkan pengukusan dengan api sedang. Kukus bakpao selama 30 menit atau hingga bakpao matang.
Bakpao siap disantap selagi hangat.

(https://www.merdeka.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.