Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Bursa Inovasi Desa Pacu Percepatan Pembangunan

Baturajaradio.com Melalui Bursa Inovasi Desa yang dimotivasi oleh para ahli di bidangnya, diprediksi akan mampu mempercepat proses-proses pembangunan dan pemberdayaan desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu.
Hal itu terungkap pada kegiatan Bursa Inovasi Desa yang dipusatkan di Gedung Kesenian Baturaja Rabu (29/11/2017).
Kegiatan Bursa Inovasi Desa yang dibuka oleh Bupati OKU diwakili Sekda H Marwan Sobrie SE MM dengan ditandai pemukulan gong ini dihadiri langsung oleh A Zainuri selaku Koordinator Bidang IV KNPPID Ditjen PPMD Kementrian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi RI.
Kemudian Koordinator Nasional P3MD Bidang Pembangunan Produktif, Prio Gatot, Tenaga Ahli Pengelolaan Pengetahuan Propinsi Sumsel Hardiansyah.
Dikesempatan itu Kepala Dinas PMD Kabupaten OKU Drs Ahmad Firdaus MSi menjelaskan, Bursa Inovasi merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi –inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa lingkup kabupaten.
Gunanya untuk menjembatani kebutuhan desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kebgiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.
Sedangkan sasaran program untuk meningkatkan kualitas pembangunan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa meliputi bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal.
Kemudian bidang Sumber Daya Manusia dan selanjutnya Bidang Infrastruktur desa.
Peserta bursa inovasi meliputi Kades 143 orang, Ketua BPD 143 orang , Ketua LPMD 143 orang, Tim Pelaksana Inovasi Desa 84 orang, Pendamping Desa 34 orang dan Pendamping Lokal Desa 38 orang.
Kadin PMD yang juga didampingi Kabid Lembaga Pemasyarakatan, Usaha Ekonomi Masyarakat Desa Teknologi Tepat Guna Yulia Haslinda SIP menjelaskan, selama kegiatan peserta akan menerima materi yang ditampilkan khususnya kegiatan yang sduah dilaksanakan dan dinilai inovatif dibidang kewirausahaan, SDM dan infrasetruktur.
Denagn metode melihat media tayang, konsultasi antara panitia dan peserta serta diselingi diskusi. Kemudian media yang digunakan bursa inovasi desa meliputi Bursa untuk kegiatan SDM, ruang bursa B untuk kegiatan kewirausahaan dan infrasetruktur memakai spanduk dan laptop dilengkapi infocus.
Dikesempatan itu Sekda OKU bersama Ketua dan Wakil Ketua TP PKK OKU Hj Badiar Dewi Kuryana dan Hj Henny Johan ST, Ketua DWP OKU Hj Nurdiah Marwan SIP MM , para camat meninjau ruang Bursa Inovasi yang memamerkan hasil-hasil produk kerajinan desa dalam Kabupaten OKU.
Antara lain ada kerajinan anyaman resam dari Desa Bandaragung Kecamatan Lubukbatang yang sudah mendunia.
Sedangkan Sekda OKU mengaku bangga menyaksikan karya-karya yang ditampilkan di bursa inovasi ini , kedepan pihaknya optimis nama program ini akan mendorong percepatan pembangunan yang bermuara pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten OKU. (tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.