Header Ads

4 Makanan Ini Ampuh untuk Detoksifikasi

Baturajaradio.com - Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh merupakan satu langkah sederhana untuk mendapatkan kesehatan yang paripurna. Bagaimana cara melakukannya? Jawabannya adalah makan!
Tubuh memiliki fungsi detoksifikasi sendiri. Akan tetapi, fungsi ini tidak bisa berjalan dengan maksimal bila tidak didukung dengan asupan yang mumpuni. Karena itu, agar fungsi detoksifikasi tubuh berjalan dengan lebih optimal, seorang ahli gizi di Mount Sinai Hospital, Jaclyn London, M.S., R.D., menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan berikut ini:
  • Jeruk
Jeruk merupakan makanan tinggi antioksidan terutama vitamin C, yang dapat membantu memperbaiki fungsi hati. Dengan fungsi hati yang baik, maka proses detoksifikasi tubuh dapat berjalan lebih maksimal.
  • Telur
Telur mengandung asam amino yang berperan penting dalam pemecahan asetaldehida. Peneliti menyebutkan bahwa senyawa tersebut berperan aktif dalam menghambat penyebaran racun di dalam tubuh.
  • Gandum
Gandum kaya akan serat larut yang mampu memperlambat laju penyerapan makanan, meningkatkan fungsi dan jumlah bakteri usus yang sehat, serta merangsang ekskresi empedu.
  • Yoghurt
Probiotik dalam yoghurt akan membantu meningkatkan kesehatan bakteri di usus, sehingga mempermudah proses dan pembuangan limbah beracun dari dalam tubuh.
Meski makanan di atas dapat membantu proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. (klikdokter.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.