Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Pekerja Shift Malam

Baturaja Radio - Penting nih untuk di simak terutama bagi anda pekerja pada waktu malam atau shift malam mengenai tips menjaga kesehatan untuk pekerja shift malam. Pekerjaan merupakan aktifitas atau rutinitas sehari hari yang sulit untuk dihindari. Setiap pekerjaan memang memiliki dampak risiko salah salah satunya yang di picu oleh shift malam ini membutuhkan perhatian khusus.

Walaupun bekerja pada sebagian perusahan menerapkan jadwal shift, ternyata jadwal shift tersebut merupakan  salah faktor risiko bagi beberapa timbulnya suatu penyakit. apabila anda mempunyai kondisi tubuh yang sehat serta prima dari awal, maka resiko yang akan timbul pun lebih rendah.
Bekerja dengan waktu kerja yang berlainan dengan siklus tidur alami bisa mengakibatkan gangguan yang terjadi pada tidur serta kelelahan secara kronis. Sehingga nantinya hal tersbeut bisa berkontribusi menimbulkan gangguan pada mood, menurunkan kerja reflesks serta kemampuan kognitif dan dapat menyebabkan seseorang lebih rentan terinfeksi penyakit.
Meskipun memiliki resiko diatas, tentu saja tak lantas membuat anda berhenti dari pekerjaan tersebut karena anda pun memiliki tuntutan kebutuhan. Tapi tak perlu cemas dan khawatir, jika pekerjaan anda memiliki tuntutan shift. Karena ada beberapa tips dan cara agar anda dapat terhindar  dari masalah atau gangguan kesehatan.

Tips untuk mencegah gangguan kesehatan pada pekerja shift malam

  • Jangan lupa untuk melakukan kegiatan olahraga secara teratur, meskipun anda bekerja shift tapi bukan berarti tidak alasan untuk tidak berolahraga. Sedikitnya anda dapat melakukan kegiatan olahraga 3 kali dalam seminggu, selain itu anda dapat memanfaatkan waktu libur anda untuk berolahraga.
  • Pastikan anda mendapatkan asupan makan yang cukup, sehat serta bergizi.
  • Tidur atau beristirahatlah dengan cukup, berikut ini merupakan salah satu contoh dari pengaturan jam tidur yang dapat anda jadikan kebiasan.
  • Apabila seseorang bekerja dengan shift maka, pada saat tidak sedang mekukan pekerjaan malam usahakan agar tidur secara biasa (misal : 21.00 sampai 05.00) hal ini juga harus dilakukan ketika anda libur.
  • Jangan lupa luangkan waktu untuk tidur selama 30 menit sebelum berangkat shift malam, karena hal ini dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Namun ingat jangan tidur lebih dari 30 menit karena hal ini bisa membuat anda susah untuk bangun serta dapat membuat lebih mengantuk ketika bangun, kecuali jika menyelesaikan satu siklus tidur selama 1 jam 30 menit.
  • Setelah selesai bekerja pastikan anda membayar waktu tidur anda
  • Terkahir pastikan juga untuk selalu mengatur tingkat pencahayaan yang masuk ruang tempat beristirahat agar tidak perlalu terang. Selain itu ketika pulang kerja pun anda bisa mengenakan kacamata hitam yang berfungsi untuk mengurangu tingkat cahaya yang masuk ke mata.
Nah itulah tips kesehatan bagi pekerja shift malam. Anda pun dapat mengkonsumsi multivitamin jika perlu dengan terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter. Semoga informasi diatas dapat sangat bermanfaat dan berguna.(manfaat.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.