Header Ads

Kapolri Diundang FBI untuk Mengajar Kontraterorisme


Baturajaradio.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan berangkat ke Amerika Serikat nanti malam. Tito mengatakan dirinya diundang untuk mengajari badan investigasi utama Amerika Serikat, FBI, tentang ilmu kontraterorisme.

"Nanti malam saya akan berangkat ke Amerika. Saya diundang oleh UN, diundang oleh FBI, diundang di think tank yang paling penting di sana namanya Brookings Institute," kata Tito seusai acara pengukuhan dirinya sebagai guru besar STIK/PTIK di auditorium STIK/PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2017).

Tito mengatakan materi pelajaran yang akan dibagikan kepada para agen FBI seputar tipe atau jenis jaringan-jaringan teroris secara spesifik. Selain itu, Tito akan mengajarkan langkah-langkah kontraterorisme, terutama dengan metode pendekatan preventif.



"Saya akan mem-brief mereka, jadi saya bukan belajar dari mereka. Saya akan mem-brief mereka agar memahami tipologi karakteristik dari jaringan-jaringan ini," ujar Tito.

Tito menilai upaya preventif, seperti soft approach, lebih efektif mengatasi terorisme dibanding penindakan kejahatan teroris, seperti operasi militer.

"Hard approach, operasi militer di tempat-tempat tertentu, boleh saja dilakukan, tapi yang paling adalah soft approach. Karena soft approach ini bisa langsung menyentuh ke hatinya untuk tidak berbuat terorisme," jelas Tito. (news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.