Header Ads

Ini Seminar Lingkungan Hidup Sekaligus Untuk Mempertegas Kebhinekaan


Baturajaradio.com - Dalam rangka menjaga kebhinekaan dan memberikan edukasi terhadap masayarakat yang selama ini sering menjadi ujung tombak bagi para pemangku kepentingan politik. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Ogan Komering Ulu Bersama Lembaga Lingkungan Hidup Jelajah Alam Konservasi Indonesia (Jejak Indonesia) akan mengadakan Seminar lingkungan hidup dengan tema merawat lingkungan hidup merajut kebangsaan menjaga kebhinekaan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan Kamis,26 Oktober 2017 yang berlokasi di Hotel Bukit Indah Lestari Baturaja. Hendra A. Setyawan Selaku ketua KIM OKU yang sekaligus pendiri Jejak Indonesia menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan mengingat isu kebhinekaan saat ini sudah sangat populer digunakan untuk menjadi kepentingan politik sesaat bagi kelompok tertentu. Tidak luput juga dalam hal pembangunan perusahaan besar yang akan menjalankan kegiatannya.

Hal ini dirasa penting dilakukan karena menurut pria yang pernah menjabat sebagai kaprodi Ilmu komunikasi Universitas Baturaja ini, jangan sampai isu etnis menghambat pembangunan daerah yang sejatinya dapat mensejahterakan masyarakat.

“Terkadang pembangunan perusahaan besar seringkali dihalangi hanya karena isu etnis, pemiliknya bukan pribumi atau dari etnis yang berbeda, padahal secara aturan perusahaan ini telah menjalankan prosesnya sesuai dengan aturan yang berlaku”, tukasnya.

Hendra juga menyebutkan masyarakat juga perlu mengetahui manfaat dari keberadaan perusahaan yang ada di OKU, kalaupun ingin melakukan protes haruslah desertai dengan alasan dan landasan yang jelas, bukan hanya semata isu sara dan budaya yang dapat memecah belah kebhinekaan.

“Untuk itu kita mengundang para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari OKU Raya yang sejatinya mereka sangat berperan dalam membangun kualitas sumber daya manusia dilingkungannya”, Imbuhnya.


Dalam kegiatan yang akan dilaksanakan besok (kamis/26/10/2017), rencananya akan dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pihak pemerintahan dan beberapa perusahaan yang ada dikabupaten OKU. Sedangkan untuk pembicara akan diisi oleh Prof.Dr.Hj Isnawijayani, M.Si (Ketua KIM Sumatera Selatan) Dr. Munajat,  M.S.i (Akademisi dan tokoh masyarakat), Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU, dan Kapolres OKU. (Redo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.