Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

HUT Ke-72 TNI: Panglima TNI Gatot Nurmantyo Beri Penghormatan kepada Para Veteran

Baturaja Radio - Panglima TNI Gatot Nurmantyo memberi penghormatan kepada veteran pahlawan perang Indonesia dalam pidatonya di HUT ke-72 TNI yang belangsung di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten. Dalam pidatonya tersebut, Gatot menyanjung dua veteran pahlawan perjuangan kemerdekaan sekaligus pelaku sejarah yaitu Paimin dan Kyai Haji Soleh Kosim.
Paimin diketahui merupakan seorang veteran perang yang lahir di Bantul, Yogyakarta pada 10 Maret 1926. Paimin bergabung dengan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 1946 sampai dengan 1949. Ia diketahui menjadi salah satu orang yang berpartisipasi dalam Agresi Militer Belanda I dan II.
"Beliau sudah berumur 92 tahun. Pada 1950 sampai dengan 1970, beliau tergabung dalam batalion 439, 413 dan kostrad Jakarta. Beliau juga pernah menumpas pemberontakan DI TII dan pembersihan sisa-sisa PKI di Jawa Tengah," ujar Gatot, Kamis (5/10/2017).
Panglima Gatot kemudian menyampaikan sanjungan terhadap Kyai Haji Soleh Kosim yang akrab disapa dengan Kyai Kosim serta Abah Soleh. Kyai Kosim lahir di Sidoarjo pada 1 Januari 1930. Beliau saat ini merupakan pimpinan pengasuh pondok pesantren Baudin Al-Islami Sid. Ia juga merupakan anggota Laskar Sabilillah pimpinan Kyai Haji Masbur pada 1943. Selain itu, Kyai Kosim adalah barisan pasukan Hisbullah dalam pertempuran 10 November di Surabaya.
"Beliau memiliki peran mengajak umat Islam bersatu melawan Belanda dan sekutunya," tutur Gatot tentang perjuangan Kyai Kosim. 
Mengakhiri pidatonya, Gatot menyanjung seorang pejuang di masa kini yaitu perwakilan TNI yang juga menjadi komandan upacara, Letnan Jenderal, Edi Rahmayadi. (okezone)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.