Header Ads

Musim Hujan Tiba, Ini Makanan yang Ampuh Usir Flu

Baturajaradio.com - Saat musim hujan tiba, berbagai macam penyakit bisa dengan mudah menyerang Anda. Salah satu penyakit yang sering muncul adalah flu. Meski dianggap sebagai penyakit ringan, flu bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.
Berikut ini adalah beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu mengusir flu:
1. Jahe
Jahe membantu hidung serta paru-paru tetap bersih dari lendir. Kandungan shogaols di dalam jahe dapat membantu melawan virus penyebab batuk dan flu. Salah satu bumbu masakan ini juga dipercaya membantu memerangi peradangan.
2. Bawang
Bawang adalah salah salah satu sumber alami yang mengandung quercetin. Zat ini dipercaya dapat menekan rhinovirus yang menjadi penyebab utama flu. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada bawang juga berfungsi sebagai agen antibakteri dan antivirus yang dapat mempercepat proses penyembuhan individu yang menderita flu.
Sebuah penelitian mengungkapkan, aktivitas antibakteri dan antivirus pada bawang putih berasal dari senyawa allicin. Allicin adalah senyawa yang ditemukan pada bawang putih saat tanaman ini dihancurkan atau dipotong.
3. Sayur sup
Sayur sup juga dapat membantu melawan virus flu. Kuah panas pada sayur sup memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengurangi gejala flu. Jika pembuatannya menggunakan kuah kaldu ayam, maka makanan ini mengandung antioksidan dan fitokimia yang membantu mempercepat pemulihan.
4. Jamur shiitake
Selama berabad-abad, jamur ini dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Di Cina dan Jepang, jamur shiitake telah digunakan sebagai obat alami untuk pilek dan flu. Sementara itu sebuah penelitian telah mengidentifikasi lentinan, senyawa yang ditemukan di jamur shiitake, terbukti dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Jamur shiitake memiliki cita rasa yang lezat dan sangat cocok untuk para vegetarian.
5. Kayu manis
Kayu manis memiliki sejarah panjang dan sejak dulu telah digunakan sebagai rempah-rempah dan obat-obatan. Dalam pengobatan tradisional Cina dan India, kayu manis digunakan untuk mengobati flu. Jika Anda menambahkan sepotong kayu manis ke dalam minuman hangat atau menambahkan bubuk kayu manis, hal ini akan membantu menghangatkan tubuh.
6. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin K, asam folat, dan antioksidan. Berbagai kandungan ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga dianggap efektif dalam melawan berbagai bakteri dan virus yang bisa menyebabkan penyakit, termasuk flu.
7. Teh hijau
Salah satu manfaat teh hijau adalah mencegah flu. Senyawa katekin pada teh hijau telah terbukti dapat menghambat aktivitas adenovirus. Anda juga bisa menambahkan sedikit jus lemon atau jus kaya vitamin C ke dalam teh hijau, karena dipercaya dapat meningkatkan jumlah katekin dalam tubuh.
Mengingat cuaca saat ini sudah memasuki musim hujan, tak ada salahnya Anda mengonsumsi beragam makanan yang sudah dijelaskan di atas, untuk mengatasi flu. Selamat mencoba. (klikdokter)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.