Header Ads

Kemenhub Siagakan Kapal Patroli di Perairan Jalur Mudik

Baturaja Radio - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengoperasikan kapal-kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di sejumlah perairan. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Tonny Budiono menyebut kapal-kapal tersebut guna mendukung keselamatan pelayaran yang cepat, tepat, dan terpadu selama angkutan mudik lebaran 2017.

"Kami telah menempatkan kapal-kapal patroli di sejumlah lokasi yang akan selalu melakukan patroli rutin dan bersiaga penuh dalam mendukung angkutan laut Lebaran 2017," jelas Tonny dalam keterangannya, Kamis (22/6/2017).

Patroli tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Menhub Budi Karya Sumadi untuk menempatkan Kapal Negara KPLP pada perairan-perairan tertentu. Hal tersebut tertuang dalam surat telegram nomor: 66/VI/DN-17 tanggal 19 Juni 2017 tentang Kesiapan Pemberian Bantuan dan Pertolongan Terhadap Kapal Angkutan Laut Lebaran 2017.

"Hal tersebut merupakan tindaklanjut arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang menginstruksikan agar masing-masing sub-sektor di lingkungan Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi agar perjalanan mudik masyarakat dapat berlangsung dengan selamat, aman, dan nyaman," terang Tony.

Lebih lanjut, Direktur KPLP, Capt. Jonggung Sitorus mengatakan ada 16 lokasi yang dipantau oleh kapal-kapal patroli KPLP berikut dengan penugasan kapal patroli KPLP dan pelabuhan pangkalnya yang dapat dilihat dalam surat telegram dimaksud.

"Pembagian ini dilakukan untuk mempermudah pelaksanaan dan pengawasan patroli yang dilakukan oleh KPLP sehingga bila terjadi kecelakaan laut akan dapat segera ditindaklanjuti oleh Kapal Patroli KPLP," ujar Jonggung.

Monitoring Angkutan Laut Lebaran tahun 2017 di 52 pelabuhan pantau telah dimulai pada H-15 dengan total armada kapal yang siap melayani angkutan laut Lebaran hingga Kamis (22/6) sebanyak 1.259 kapal. Adapun menurut data Posko Angkutan Laut Lebaran pertanggal (22/6) pukul 07.59 WIB, jumlah penumpang naik mulai H-15 hingga H-3 sebanyak 550.142 orang dan penumpang turun sebanyak 524.989 orang.

Selanjutnya, pelabuhan terpadat hingga H-3 adalah Pelabuhan Batam dengan jumlah penumpang naik sebanyak 63.643 orang dan penumpang turun sebanyak 50.402 orang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. (news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.