Header Ads

Gempa 4,7 SR Guncang Gorontalo

Baturaja Radio - Gempa k berkekuatan 4,7 Skala Richter mengguncang Gorontalo, Jumat pukul 19.55 Wita, kata prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gorontalo Fathuri.

Gempa terjadi di lokasi 123,19 derajat bujur timur dan 0,94 derajat lintang utara dengan kedalaman 29 kilometer. Pusat gempa atau episentrum berada di sekitar 9 kilometer barat laut Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.
 
BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Pihaknya sementara ini menunggu laporan dari warga bila ada kerusakan.

Gempa tersebut sempat terasa oleh sebagian warga Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Goronalo, dan Kota Gorontalo, namun tidak menimbulkan kepanikan.
"Getarannya sangat terasa, tapi kami tak lari ke luar rumah karena cepat reda," ungkap salah seorang warga Kota Gorontalo, Osi Maku.

Sebelumnya, BMKG menyatakan bahwa Gorontalo merupakan salah satu daerah yang paling rawan terjadi gempa bumi. Fathuri mengatakan besarnya guncangan gempa yang terasa ditentukan oleh besarnya magnitude dan kedalaman pusat gempa.

"Kadang kekuatan gempanya besar, tapi kedalamannya jauh biasanya guncangan tidak terasa, demikian juga sebaliknya," ujar Fathuri.

Ia mengatakan lempeng yang paling berpengaruh di wilayah Gorontalo dan sekitarnya adalah lempeng Pasifik. (republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.