Slider

GALERI

News

BUDAYA DAN WISATA

KULINER

TIPS

INFO

GALERI

» » Inilah 10 Negara Paling Damai di Dunia

Baturaja Radio - Banyak hal yang membuat sebuah negara menjadi tempat yang nyaman bagi warganya. Salah satunya adalah kondisi damai di sebuah negara.
Indeks Perdamaian Global (GPI) yang disusun Institut Ekonomi dan Perdamaian mencoba menyusun negara-negara paling damai di dunia.

Ada 22 indikator yang digunakan untuk menentukan level kedamaian sebuah negara misalnya angka kejahatan, hubungan dengan negara sekitar dan tak pernah terlibat perang.
Berikut 10 negara terdamai di dunia 2016 versi Institut Ekonomi dan Perdamaian.

10. Republik Ceko
Republik Ceko adalah negara kecil di Eropa yang berbatasan dengan Jerman, Austria, Slovakia, dan Polandia.
Industri pariwisata adalah penyumbang terbesar pendapatan negeri pecahan Cekoslovakia ini. Ibu kotanya, Praha adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Eropa.
Para wisatawan yang datang ke Ceko tak perlu khawatir soal kekerasan atau perampokan. Sebab, Ceko adalah salah satu negara dengan tingkat kejahatan paling rendah di dunia.
Akibat proses migrasi, Ceko kini menjadi salah satu negara dengan populasi paling bhinneka di Eropa.  Selain aman, Ceko juga memiliki sistem transportasi yang baik dan murah.
9. Australia
Hampir semua tersedia di Australia, mulai dari kesempatan kerja, cuaca yang menyenangkan, infrstruktur yang baik, sistem pendidikan yang bagus dan keindahan alam.
Tak hanya itu, angka kejahatan seperti perampokan, pemerkosaan dan pembunuhan di Negeri Kanguru ini sangat rendah. Sehingga siapapun bisa bepergian di negeri ini dengan aman.
Rakyat negeri ini sangat memercayai pemerintahnya yang tercermin dari jumlah pemberi suara yang sangat tinggi di saat pemilu digelar.
Selain itu, Australia juga merupakan salah satu negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia.
8. Jepang
Angka kejahatan di negeri dengan teknologi sangat maju ini dikenal sangat rendah. Pembunhuan atau kekerasan lainnya jarang terjadi di negeri ini.
Selain itu Jepang adalah negara kaya dan menjadi kekuatan ekonomi ketiga terbesar di dunia dengan hubungan internasional yang sangat baik.
Sistem transportasi Jepang, terutama kereta api merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Rata-rata waktu keterlambatan kereta api di negeri ini hanya 10-16 detik.

7. Kanada
Bagi pemerintah Kanada, keamanan rakyatnya adalah salah satu faktor utama untuk membentuk sebuah negara yang baik.
Tak heran, negeri ini kemudian memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Ujungnya, tingkat kepuasan rakyat Kanada terhadap kondisi negaranya sangat tinggi.
Kanada juga merupakan salah satu negeri dengan rakyat paling terdidik di dunia. Lebih dari separuh rakyat negeri itu menyelesaikan pendidikan hingga level universitas.
6. Finlandia
Finlandia adalah salah satu negeri dengan level korupsi terkecil di dunia. Kuatnya sistem hukum menciptakan  pemerintahan yang akuntabel dan terbuka.
Finlandia juga menduduki peringkat atas dalam urusan pendidikan dan kesetaraan gender. Kesejahteraan rakyat dijamin dengan menggratiskan biaya sekolah untuk semua level.
Dengan sistem pendidikan yang baik, rakyat Finlandia dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam bidang membaca, matematika dan sains.

Advertisment
5. Swiss
Kota-kota yang bersih, rendahnya angka kejahatan dan makanan yang berkualitas membuat Swiss menjadi salah satu negeri yang paling layak ditinggali.
Kualitas pendidikan dan sistem kesehatan negeri ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Tak heran, kemampuan dan bakat rakyat Swiss terdongkrak sangat luar biasa.
Besaran gaji pekerja di negeri itu terbilang besar diimbangi dengan level pajak yang rendah. Hal ini membuat Swiss dikenal sebagai salah satu negeri surga pajak di dunia.
Swiss juga dikenal sebagai salah satu negeri paling hijau di dunia karena sangat mengutamakan energi terbarukan dan produl-produk ramah lingkungan.

4. Selandia Baru
Selandia Baru dikenal memiliki layanan sosial yang luar biasa, jumlah narapidana yang minim serta hubungan baik dengan negara di sekitarnya.
Negeri ini juga memiliki sistem hukum yang independen dan kuat serta kepolisian yang berdedikasi tinggi.
Negeri Kiwi ini juga memberikan layanan pendidikan dan kesehatan yang sangat baik untuk rakyatnya. Rakyat, terutama yang tak bekerja, bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis saat membutuhkan.
3. Austria
Negeri Eropa ini merupakan salah satu negara yang paling nyaman untuk ditinggali karena rendahnya angka kejahatan.
Austria juga dikenal karena kebersihannya dan memiliki undang-undang daur ulang yang ketat untuk melindungi lingkungan.
Berdasarkan GDP-nya, Austria adalah salah satu negara terkaya di dunia, sehingga memiliki standar hidup yang tinggi dan sistem transportasi yang sangat hebat.
Keindahan alam dan bangunan-bangunan bersejarahnya membuat Austria setiap tahun dikunjungi jutaan turis dari berbagai negara di dunia.
2. Denmark
Seperti halnya Finlandia, negeri Skandinavia ini juga merupakan negara dengan tingkat korupsi yang sangat kecil.
Negeri ini juga dikenal dengan level kesetaraan gender yang tinggi. Kondisi ini membuat keterlibatan perempuan dalam bidang politik, kesehatan dan pendidikan sangat kuat.
Negeri ini juga memberikan layanan kesehatan dan pendidikan gratis untuk rakyatnya. Kondisi ini membuat rakyat Denmark tak keberatan dengan level pajak yang tinggi.
Warga ibu kota Kopenhagen, saat ini lebih memilih bersepeda atau berjalan kaki ke sekolah atau tempat kerja. Kebiasaan ini bertujuan untuk membuat Kopenhagen menjadi kota dengan level karbon terendah pada 2025.
1. Islandia
Menurut daftar GPI 2016, Islandia menjadi negara paling damai dan nyaman untuk ditinggali.
Negeri ini memiliki level demokrasi yang nyaris sempurna, kesetaraan gender dan tingkat kejahatan yang sangat rendah.
Di sektor pendidikan negeri ini juga sukses karena 99 persen warganya bebas dari buta huruf. Prestasi ini dimungkinkan karena rakyat Islandia tak perlu membayar untuk bisa bersekolah.
Rakyat Islandia juga menjadi warga paling melek informasi di dunia dan berada di posisi atas dalam hal kegemaran membaca dan penerbitan buku.
Keterlibatan perempuan dalam berbagai sektor juga sangat tinggi. Islandia adalah negeri pertama di Eropa yang memiliki presiden perempuan, Vigdis Finnbogadottir yang terpilih pada 1980.
Satu lagi kelebihan negeri ini yaitu bebas dari nyamuk karena serangga itu tak bisa hidup di kondisi alam Islandia. (kompas.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply