Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Mendikbud: Masalah Rendahnya Budaya Literasi Indonesia Sejak Zaman Kolonial

Baturaja Radio - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut permasalahan rendahnya budaya literasi di Indonesia, terjadi sejak zaman kolonial. "Bagian dari strategi pemerintah kolonial untuk melanggengkan kekuasaan dengan melalui program pembuta hurufan pribumi," kata dia kepada Republika.co.id, Kamis (23/3).

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu menyebut, permasalah rendahnya budaya literasi bersifat multi kompleks. Hal itu tidak lepas dari faktor kesejarahan.

Mendikbud menyebut, tumbuhnya sekolah-sekolah dasar pascakemerdekaan bertujuan untuk mengambil alih program Pemberantasan Buta Huruf (PBH). Yaitu, program menghapuskan buta huruf untuk 90 persen masyarakat di Indonesia. Sehingga, ia berujar, target pembelajaran di sekolah adalah sekedar siswa mampu membaca, tetapi tidak sampai mampu membaca cerdas.

Ia menyebut, kondisi tersebut diperparan dengan terlalu dominannya metode ceramah di sekolah-sekolah, serta keengganan menerapkan cara belajar siswa aktif (CBSA). Pun, selama ini ia tidak menampik masih terbatasnya jumlah dan peredaran buku-buku bacaan untuk anak dan masyarakat.

Masalah tersebut, ia mengatakan, diwariskan dari generasi ke generasi. Termasuk, para guru juga mewarisi cara belajar yang didapat dari guru-guru mereka sebelumnya. Mendikbud pernah memaparkan kemampuan baca pelajar SMA setara dengan jenjang SMP atau mundur empat tahun.

"Maka jadilah lingkaran setan rendahnya kemanpuan baca masyarakat dan siswa," jelasnya.

Mendikbud berujar, untuk mengurai benang kusut literasi harus melibatkan banyak pihak. Salah satu solusinya, yakni pendekatan struktural dan kultural atau penyadaran.

Mendikbud menjabarkan, untuk pendekatan struktural antara lain, mereformasi sistem persekolahan yang tidak menggunakan norma serba kelas dan menggalakkan metode cara belajar siswa aktif (CBSA). Sementara pendekatan penyadaran, yakni dengan mengobarkan daerah pada budaya baca di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. (Republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.