Header Ads

Kadin Pendidikan OKU Klaim UNBK Memiliki Banyak Keunggulan


Baturaja Radio - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Dr Drs H Achmad Tarmizi SE MT Msi mengatakan kedepan semua sekolah akan mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) karena sistim ini memiliki banyak keunggulan.

Hal itu dikatakan Kadin Pendidikan OKU yang ditemui diruang kerjanya Selasa (28/2/2017), dengan UNBK akan menjadikan siswa lebih jujur karena soal yang mereka hadapi tidak sama antara yang satu dengan lainnya.

Tahun ini, soal yang akan dihadapi tiap siswa lebih banyak variasi, sehingga bisa jadi setiap siswa memegang soal yang berbeda satu sama lain.

Selain itu, dengan UNBK ini membuat integritas siswa tak perlu lagi dipertanyakan. Sebab, peserta ujian harus mengerjakan sendiri, sehingga bisa dipastikan peserta lebih jujur, meski soal-soal UNBK nantinya hanya berupa pilihan ganda.

Dengan menggunakan UNBK, diharapkan siswa akan memiliki dua kecakapan pertama kecakapan mengenai materi bahan ujian dan kedua kemampuan menggunakan alat teknologi informasi.
UNBK juga lebih efisien, lebih kecil kemungkinan terjadi keterlambatan soal, tertukarnya soal, dan ketidakjelasan hasil cetak soal. Tidak ada kerumitan pengumpulan LJUN , Gambar menjadi lebih jelas, tulisan dan gambar bisa diperbesar.

Hasil UN bisa diumumkan secara lebih cepat, sehingga siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk masuk ke dunia kerja. Memudahkan dalam pengamanan dan penyediaan logistik.

Namun diakui , kendala teknis yang dihadapi masih terbatasnya fasilitas komputer , kemudian di beberpa sekolah yang lokasinya berada di kecamatan atau pelosok pedesan masalah sistem jaringan internetnya dan fasilitas pendukung lainnya. (tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.