Banner

Banner
Pemkab OKU

Tahun Ini ADD untuk Setiap Desa di OKU Mencapai Rp 700 Juta

Baturaja Radio - Tiap desa dalam Kabupaten Ogan Komeirng Ulu Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017 ini mendapat kucuran dana di kisaran Rp 700 juta.

Hal itu dikarakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKU Drs Ahmad Firdaus MSi, . 

Menurutnya, tahun ini Anggaran Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Kabupaten OKU mengalami peningkatan.

Tahun 2016 lalu dana ADD (Alokasi Dana Desa) Kabupaten OKU sebesar Rp 88 M , jumlah itu mengalami kenaikan pada tahun 2017 menjadi Rp 112 M. Dengan jumlah dana ini diperkirakan masing-masing desa bisa mendapat Rp 700 juta lebih.

ADD merupakan dana untuk oprasional pemerintahan desa atau perangkat desa.
Dikatakan Firdaus, saat ini pihaknya baru menyusun Perbup (Peraturan Bupati). Setelah Perbup ini selesai, baru akan ada acuan pagu besaran dana yang akan didapat masing – masing desa.

Sedangkan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Drs H Kuryana Azis, mengingatkan para kepala desa (Kades) dan juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) OKU setempat yang mengurusi soal anggaran desa, agar tidak main-main dengan dana desa.

Dikataakn Bupati, penggunaan dan pengelolaan dana desa, harus sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
Menurut Bupati, untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan, gunakanlah dana desa sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) sesuai ketentuan.
Ia meminta pada semua pihak yang terkait dengan dana ini utamanya Kades dapat menerapkan azas transparansi, akuntabilitas dan partisipatif di dalam pengelolaan dana desa ini.
Bupati mengingatkan agar pihak terkait jangan sampai menyalahgunaan dana desa karena dimonitor dari pusat dan ada petugas pemantau.(tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.