Banner

Banner
Pemkab OKU

Antisipasi Banjir, Pemerintah OKU Timur Normalisasi Aliran Sungai

Baturaja Radio - Untuk mengantisipasi luapan air sungai di Desa Tulusasyu, Kecamatan Belitang Madang Raya yang kerap menggenangi lahan persawahan warga, pemerintah Kabupaten OKU Timur melakukan normalisasi aliran sugai yang ada di wilayah tersebut.

Pendangkalan yang terjadi di aliran sungai tersebut menyebabkan air selalu meluap setiap musim penghujan sehingga merendam lahan persawahan warga yang berdampak pada kerusakan tanaman padi hingga kegagalan tanam.

“Normalisasi itu dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat mengenai sungai di wilayah itu yang selalu meluap dan menyebabkan banjir dan menganggu aktifitas masyarakat,” ungkap camat BMR Ikra Sentana ketika dikonfirmasi Minggu (26/2).

Menurut Ikra, wilayah Kecamatan Belitang merupakan daerah dengan lahan persawahan terluas di Kabupaten OKU Timur sehingga dibutuhkan perehaban sungai yang bisa mengancam pertanian penduduk yang tentunya akan berimbas pada penurunan hasil panen jika terjadi banjir atau luapan air.

Sementara Supri salah stau petani di wilayah tersebut mengatakan, pendangkapan yang terjadi di aliran sungai Desa Tulusayu tersebut menyebabkan luapan air sehingga membuat lahan sawah masyarakat kerap tergenang dan menyebabkan kegagalan tanam.

“Setiap memasuki musim hujan sawah warga selalu mengalami kebanjiran karena pembuangan air yang tidak bagus atau sudah lebih dangkal,” katanya.

Setiap kali air meluap kata dia, cukup lama bahkan hingga empat hari air tidak kunjung surut sehingga menyebabkan sejumlah petani mengalami kegagalan tanam karena tanaman padi yang baru berusia beberapa hari terendam cukup lama. (tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.