Header Ads

Gempa 5,5 SR Bikin Warga Padang Panik, Tak Ada Bangunan Rusak

Baturaja Radio - Gempa 5,5 Skala Richter (SR) yang mengguncang Padang dan sekitarnya
membuat warga panik. Namun demikian, gempa ini tak menimbulkan kerusakan bangunan.

"Gempa dirasakan keras di Kota Padang, Pesisir Selatan, dan Mukomuko (Bengkulu). Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah dan bangunan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/1/2016).

Di Mukomuko, gempa dirasakan selama 5 hingga 10 detik. Gempa juga dirasakan di Solok, Padang Pariaman, namun kekuatannya kecil saja. Gempa susulan yang lebih lemah juga dirasakan masyarakat. Beruntung, tak ada kerusakan berarti akibat gempa ini.

"Belum ada laporan dampak gempa, baik korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih melakukan pendataan. Kondisi masyarakat saat ini normal kembali," kata Sutopo.

Sutopo mendapatkan informasi itu dari posko BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Soal analisis gempa, berdasarkan badan geologi Amerika Serikat (USGS), intensitas gempa ini tergolong ringan, yakni IV MMI, bahkan di daerah yang terdekat dengan pusat gempa.

"Mengacu pada peta guncangan gempa dirasakan tersebut diprediksikan tidak ada kerusakan bangunan yang masif dari gempa. Umumnya bangunan akan rusak berat jika menerima guncangan dengan intensitas lebih dari VI MMI," tutur Sutopo (detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.