Header Ads

TNI AU: Hercules yang Jatuh di Wamena Sudah Dipakai di Australia Sejak '80-an

Baturaja Radio - Pesawat C-130 HS Hercules dengan nomor registrasi A-1334 jatuh di Wamena, Papua. Menurut Wakil Kepala Staff Angkatan Udara Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja, pesawat itu dibuat pada dekade '80-an.
"Pesawat itu pembelian dari Australia, masuk jajaran kita sekitar bulan Februari kemarin dan sudah digunakan di Angkatan Udara Australia sejak 1980-an," ungkap Hadiyan di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (18/12/2016).

Meski telah berusia cukup tua dan tidak baru, namun dia menegaskan pesawat itu dalam kondisi laik terbang.

"Sebelum datang ke kita (pesawat masuk ke TNI AU), sudah mendapatkan paket perawatan, perbaikan dan upgrade, perbaikan mesin, penguatan air frame, dan sejenisnya. Jadi masih laik untuk terbang" ujarnya menegaskan.

Selain itu ditambahkan Hadiyan, perawatan rutin pesawat telah sering dilakukan, baik pada tingkatan ringan, sedang hingga berat. TNI AU menjamin maintenance pesawat dengan nomor registrasi A-1334 itu masih laik hingga mampu menjalankan misi penerbangan.

"Pesawat ini masih sangat laik terbang. Karena sebelum terbang pun pesawat ini sudah serviceable, dan masih punya 69 jam lebih sebelum ke perawatan 100 jam selanjutnya," tambahnya.

Pesawat yang dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon A Kawer membawa 12 kru dan satu penumpang dinas, yang hendak berangkat dari Timika pukul 05.35 WIT dan dijadwalkan mendarat di Wamena pukul 06.13 WIT. Namun pukul 06.09 WIT, pesawat mengalami lost contact.(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.