Header Ads

Sistem Pengaman Uang Rupiah Baru Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Baturaja Radio Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, uang rupiah baru yang dirilis BI masuk uang teraman di dunia. BI sendiri baru meluncurkan 11 uang baru yang terdiri 7 uang kertas dan 4 uang logam.
 
"Sebetulnya pengamanan kita salah satu terbaik di dunia," kata dia di sela peluncuran uang baru di Gedung BI Jakarta, Senin (19/12/2016).

Agus menerangkan, uang rupiah baru yang dikeluarkan paling tidak memiliki 9-12 tipe pengaman. Dia mengatakan, untuk pengaman tersebut ada yang bisa diketahui oleh masyarakat awam namun ada pula yang hanya bisa diketahui spesialis.

"Pengaman uang kertas baik uang kertas Rp 100 ribu sampai Rp 1.000 itu antara 9-12 pengaman yang ada dan pengaman itu yang diketahui masyarakat luas ataupun diketahui spesialis tentu akan sosialisasi mengenai pengaman-pengamannya," jelas dia.
Dia mengatakan, salah satu peningkatan keamanannya antara lain ialah dari segi warna dan ultraviolet.

"Peningkatan pengamanannya di 5 unsur mulai dari warna, ultraviolet sampai rectoverso. Ada 5 hal yang ditingkatkan pengamanannya di uang emisi 2016," jelas dia.
Agus mengatakan, mulai hari ini uang baru ini disebar di seluruh wilayah Indonesia. "Mulai hari ini, kantor perwakilan BI 33 provinsi sudah mulai melakukan penerimaan penukaran uang kami lakukan pengedaran melalui perbankan," tandas dia. (liputan6)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.