Header Ads

Bupati prioritaskan pembangunan di Ogan Ulu

Baturaja Radio - Bupati Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Kuryana Azis akan memprioritaskan pembangunan di daerah Kecamatan Ogan Ulu, termasuk beberapa daerah kecamatan lainnya di OKU.

"Pembangunan di Ulu Ogan tetap diprioritaskan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) sebagai bukti komitmen pejabat itu memberikan perhatian sama kepada masyarakat di seluruh OKU tanpa mengkotak-kotak setiap kawasan," kata Camat Ulu Ogan, Ogan Amri, di Baturaja, Jumat.

Dijelaskannya, bagi Bupati OKU semua wilayah kerjanya adalah sama dan semuanya adalah masyarakatnya sehingga tidak ada lagi soal politik, soal pilkada dan soal kepentingan kelompok tertentu.

"Yang ada adalah membangun daerah dengan mengutamakan prioritas dan asas manfaat," ucapnya.

Sikap tersebut terlihat ketika Kuryana melakukan kunjungan mendadak di Kecamatan Ulu Ogan beberapa waktu lalu. Di kawasan ini Bupati hampir setengah hari berkeliling menemui masyarakatnya, meninjau kantor camat setempat dan melihat beberapa lokasi proyek infrastruktur yang sedang berjalan di sini.

Menurut Camat, Bupati Kuryana ingin melihat lebih dekat masyarakatnya dan mengetahui apa saja kedepan yang akan diprioritaskan Pemerintah Kabupaten OKU untuk membangun wilayah ini.

"Kita akan membangun dan memperbaiki jalan, tapi secara bertahap tidak bisa sekaligus, karena memang anggarannya terbatas," kata Bupati Kuryana seperti yang ditirukan Camat Ogan Amrin kepada warga yang ditemuinya.

Wargapun kata dia, begitu senang bisa berdialog dan mendengarkan langsung keinginan cita bupatinya di sini.

Kedatangan Kuryana dengan memberikan informasi terkait rencana Pemkab OKU kedepan di wilayah ini, menurut Camat, menumbuhkan semangat baru masyarakatnya tersebut.

Menurut dia, Ulu Ogan merupakan kecamatan yang geografisnya banyak perbukitan, infrastruktur jalan dan fasilitas lainnya masih kalah dibanding dengan kecamatan lain.

Namun, pada tahun ini kata dia, perhatian Pemkab OKU di luar perkiraan warga sini, karena ternyata bupati akan memprioritaskan pembangunan di sini.

Menurut Ogan Amri, Bupati Kuryana melalui kebijakannya ternyata telah menggelontorkan dana pembangunan infrastruktur mencapai miliaran rupiah.

"Kalau jumlah persisnya saya tidak tahu. Tapi kurang lebih Rp7 miliar dianggarkan untuk beberapa proyek pembangunan di kecamatan kami ini," katanya.

Uang miliaran rupiah dari APBD OKU tersebut dialokasikan melalui Dinas Pekerjaan Umum, baik Bina Marga maupun Cipta Karya dan Pengairan, di antaranya untuk perbaikan jalan, pembuatan bronjong, dan pembangunan jalan cor beton.

Proyek-proyek tersebut kata dia, menjadi salah satu objek yang langsung ditinjau Bupati Kuryana, dalam safari setengah harinya di sini.

Salah satunya Bupati melihat langsung pengerjaan bronjong di Desa Belandang, dimana fungsinya untuk menahan tanah agar tidak longsor, karena saat ini di jalan yang ditinjau bupati tersebut terancam putus total bila disisi luar jalan tidak dipasang bronjong.

Hal yang terpenting, kata dia, bupati berkeinginan juga Kecamatan Ulu Ogan menjadi wilayah objek wisata, sehingga salah satu penekanan pada kunjungannya tersebut bagaimana kedepan infrastruktur jalan di wilayah ini bagus dan berkualitas.

"Kita memiliki objek wisata air terjun yang sudah cukup dikenal. Tapi karena infrastruktur dan akses jalannya tak memadai, jadi belum begitu ramai dikunjungi masyarakat luar. Maksud kedatangan bupati salah satunya bagaimana ke depan Kecamatan Ulu Ogan bisa menjadi daerah objek wisata yang banyak dikunjungi orang," katanya.

Ia menambahkan, objek wisata tak kalah indahnya dengan daerah lain yang ada disini, disebut Air Terjun Gemuhak (Air Panas) di Desa Gunung Tiga, Air Terjun Kambas di Desa Ulak Lebar, Air Terjun Curug Pisang di Desa Kelumpang, dan masih ada air terjun lainnya di kawasan pedalaman perlu adanya fasilitas pendukung.(antaranews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.