Header Ads

Menko Luhut Resmi Lepas Satgas Sail Selat Karimata 2016 di Tanjung Priok

Baturaja Radio - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan resmi melepas satgas Sail Selat Karimata. Satgas itu nantinya akan ikut serta di festival bahari tahunan, Sail Selat Karimata 2016 di Kayong, Kalimantan Barat.

Acara pelepasan satgas ini dilaksanakan di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (21/9/2016) pukul 08.00 WIB. Luhut yang mengenakan kemeja putih lengan pendek dan celana panjang warna hitam tiba bersama rombongan dari Kementerian Koordinator Maritim. Tampak hadir pula Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring.

"Akhirnya secara resmi saya lepas satuan tugas selat karimata 2016," kata Luhut dalam sambutannya.

Kontingen satuan tugas yang akan diberangkatkan untuk ikut serta Sail Karimata 2016 bernama Satuan Tugas Surya Bhaskara Jaya (SBJ LXV) dan Satuan Tugas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-VI. Untuk belayar, Satuan Tugas Surya Bhaskara Jaya (SBJ LXV) akan menggunakan KRI Makassar-590 dan Satuan Tugas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-VI, menggunakan KRI Surabaya-591.

Selain satuan tugas dari TNI AL, ada juga ratusan anggota pramuka dan mahasiswa dari beberapa universitas di Indonesia. Beberapa mahasiswa yang ikut serta adalah dari kampus UI, ITB, IPB.

Luhut mengatakan, dilibatkannya mahasiswa dan pramuka dalam Sail Karimata 2016 ini agar meningkatkan wawasan generasi muda tentang kebaharian. Ada sekitar 300 anggota pramuka dari berbagai daerah di Indonesia yang ikut serta Sail Karimata.

"Melibatkan generasi muda, penerus bangsa, dengan ini diharapan dapat meningkatkan kesadaran dalam sanubari bahari untuk generasi pemuda dan membuka wawasan mereka tentang kekayaan alam dan potensi yang dimiliki Indonesia," ucap Luhut.

Rencananya Satgas tersebut akan menuju Bangka Belitung, Tanjung Pinang Ranai Tanjung, Pontianak, Kayong. Acara puncak Sail Selata Karimata akan dihelat pada 15 Oktober 2016 yang dipusatkan di Pantai Datok Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, yang renacananya akan dibuka oleh Presiden Jokowi.( detik )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.