Header Ads

Situasi Menjelang Pilkades Kedaton Mulai Memanas

Baturaja Radio - Meskipun agenda pilkades masih hitungan bulan, suhu politik mulai memanas khususnya di Desa Kedaton Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya. Pendukung calon kades mulai memberikan tekanan mental dan fisik.

Seperti yang terjadi Sabtu (27/8/2016) malam, pendukung salah seorang calon Kades Kedaton nekad memukul calon kades lain bernama Marwazi (48). Akibatnya Marwazi mengalami luka memar dimuka setelah dipukul oleh Is (41) yang tak lain adik dari salah satu calon kades Kedaton yang akan maju pada Pilkades bulan Oktober mendatang.

Ulah pendukung salah satu calon kades ini sontak bikin suasana semakin memanas, apalagi sebelumnya memang sudah terjadi keributan gara-gara Is sering melakukan tekanan dan memaksa Marwazi mundur dari pencalonan.

Setelah mengalami pemukulan, Marwazi langsung melakukan visum et repertum ke Puskesmas setempat diantar oleh Kades Kedaton. Selanjutnya Marwazi juga berobat ke RSUD Dr Ibnu Sutowo Baturaja.

Terpisah Marwazi kepada awak media menerangkan, beberapa hari sebelumnya dirinya dan pelaku sudah pernah rbut, dilanjutkan dengan aksi demo pihak pendukung salah seorang calon kades.

Selanjutnya pihak terkait mencoba melakukan mediasi untuk menyelesaikan perselisihan tersebut secara kekeluargaan. Sesuai kesepakatan dijadualkan Sabtu (27/8) malam pukul 22.00 kedua belah pihak yang berselisih ini difasilitasi bertemu di dirumah kepala Desa Kedaton. untuk penyelesaian secara kekeluargaan.

Rupanyanya mediasi deadlock , karena tidak terjadi kesepakatan dalam penyelesaian masalah bahkan semakin meruncing , puncaknya pelaku memukul korban.

Menurut penuturan korban, saat pemukulan itu pelaku Is juga dibantu oleh pelaku lainnya .
Marwazi mengaku dirinya memang beberapa kali dipaksa mundur dari proses pencalonan, namun Marwazi menolak dan akan tetap mengikuti tahapan,

”Biarlah semua berproses, kalau memang saya tidak lulus seleksi tidak apa-apa,” terang Marwazi.
Sementara itu untuk Pilkades serentak yang akan digelar bulan Oktober mendatang, tercatat 7 calon kades Kedaton yang akan berkompetisi. Masing-masing Win Mukhsin (45), Dahroni (55), Adi Ramlan (45), Umar Dani (47), Feriyanto (46), Deni Ekayuda S (30) dan Marwazi (48). Nantinya calon kades ini akan dijaring maskimal 5 kandidat yang akan dipilih pada Pilkades.

Terpisah Kapolres OKU AKBP Leo Andi Gunawan S.Ik MPP melalui Kapolsek Peninjauan AKP Rachmad Haji yang dikonfirmasi via telepon Minggu (28/8.2016) membenarkan pristiwa tersebut, Kapolsek bersama anggota pihaknya sudah bersiloturahim ke rumah-rumah korban dan pelaku.

Kondisi di Desa Kedaton tetap kondusif, masyarakat tetap melakukan aktivitas sehari-hari, dikatakan Kapolres, sesuai petunjuk dari Mabes Polri, bahwa terlebih dahulu dilakukan pendekatan secara kekeluagaan sebelum dilanjutkan ke ranah (tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.