Header Ads

Kirab Api PON 2016 Selama 11 Hari, Ribuan Personel Keamanan Diterjunkan

Baturaja Radio - Ribuan personel diterjunkan untuk mengawal pelaksanaan Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XV yang berlangsung selama 11 hari. Pengawalan itu itu sebanyak 6.769 personel gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP Provinsi Jawa Barat.

"Jumlah itu terdiri dari 4.109 anggota polisi, patwal sebanyak 367 personel, TNI sebanyak 1.366 personel, dan Satpol PP sebanyak 927 personel," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus kepada detikcom di Mapolda Jabar, Minggu (7/8/2016).

Dalam pelaksanaan kirab yang akan berlangsung pada tanggal 5 hingga 17 September 2016 mendatang itu, anggota Polri yang melaksanakan pengamanan terdiri dari dua wilayah, dari Polda Jabar yakni Polrestabes Bandung dan jajaran Polres/Polresta di wilayah Jabar. Sementara dari Polda Metro Jaya yang terlibat dari Polresta Bekasi, Polres Bekasi dan Polres Depok.

Yusri mengatakan rencananya pada Senin (5/9) mendatang akan dilaksanakan upacara pengambilan Api PON di daerah Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar, berjalan sampai ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung.

"Sambil mengelilingi 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, jadi pelaksanaannya dari tanggal 5-17 September 2016," ucap Yusri.

Dia menerangkan rute perjalanan akan dimulai dari Indramayu sebagai titik awal, menuju wilayah Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon. Kemudian pada Selasa (6/9) rombongan kembali melanjutkan untuk membawa api menuju Kabupaten Kuningan, Majalengka dan beristirahat di Ciamis.

"Pada tanggal 7 September, jalan lagi menuju Kabupaten Banjar dan Pangandaran," lanjutnya.

Kirab ini juga akan melintasi rute perjalanan dari Kabupaten Garut menuju Sumedang, Subang, dan Purwakarta pada tanggal 8 September. Tanggal 9 September 2016, giliran Kabupaten Karawang yang kedatangan tamu rombongan kirab untuk menuju Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi. Di sini dijelaskan Yusri rombongan Api PON akan beristirahat selama dua hari.

"Selama dua hari istirahat karena pada Senin (12/9) itu hari raya Idul Adha. Dilanjut lagi besoknya hari Selasa (13/9) mulai dari Kota Bekasi masuk ke Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan berhenti di Kota Bogor," terang mantan Dir Pam Obvit Polda Kepulauan Riau ini.

Pada Rabu (14/9), warga Kabupaten Sukabumi bersiap-siap turun ke jalan bila ingin menyaksikan rombongan pembawa Api PON tahun 2016, karena akan melintas juga di Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Mereka akan berkeliling lagi masuk ke Kabupaten Bandung Barat (KBB), masuk Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung pada tanggal 15 September 2016.

"Sebagai garis finis, pada tanggal 16 September mendatang, rombongan akan bergerak menuju Kota Bandung dan berakhir di Gedung Sate," tambah Yusri.

Masyarakat Kota Bandung, pada tanggal 16 - 17 September 2016 nanti bisa turut menyaksikan bagaimana rombongan pembawa api ini tiba di Gedung Sate. Yusri menambahkan, rombongan akan dilanjutkan sejauh 19,5 KM. Mereka bertolak menuju Stadion GBLA, tempat upacara pembukaan dan penutupan PON tahun ini. Rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI.

"Pembukaan akan digelar di sana (GBLA) dan rencananya akan dihadiri Bapak Jokowi, beliau yang nanti akan buka acaranya. Baru dimulai dari tanggal 17 sampai 26 September 2016," pungkasnya.
(http://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.