Header Ads

Cerita di Balik Rencana Bendera Pusaka Diarak dari Monas pada Hari Kemerdekaan

Baturaja Radio - Upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia selalu dilakukan di Istana Merdeka setiap tahunnya. Namun ada yang berbeda pada prosesi upacara tahun ini, Bendera Sang Saka Merah Putih akan diarak dari Monas.

"Iya, betul akan diarak dari Monas, karena kan Bendera Pusaka," kata Mensesneg Pratikno di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2016).

Kepala Sekretariat Kepresidenan Dharmansjah Djumala kemudian menjelaskan tentang prosesi tersebut. Bendera Pusaka yang sarat nilai sejarah itu akan disiapkan prosesi khusus.

"Seremoninya bersifat khidmat namun ada aspek juga kesederhanaan dan kemeriahan. Meriah, sederhana, namun tetap khidmat," kata Djumala.

Sebelumnya diberitakan bahwa Bendera Pusaka akan dibawa oleh Ki Jaga Raksa, kereta kencana yang didatangkan dari Purwakarta. Prosesi yang diwarnai nuansa budaya itu rupanya ide Presiden Jokowi.

"Beberapa minggu yang lalu, Pak Presiden sendiri. Pak Presiden sendiri yang menyampaikan bahwa bendera pusaka itu diperlakukan secara demikian," kata Djumala.
(detik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.